Apakah Anda Teladan Si Kecil?

Parenting / 30 October 2007

Kalangan Sendiri

Apakah Anda Teladan Si Kecil?

Fifi Official Writer
4113
Bila anda ingin menjadi contoh yang baik bagi anak anda, berikanlah contoh perilaku yang konsisten dan positif. Tentu anda akan sangat bangga jika si kecil berujar, "Kalau sudah besar saya ingin seperti papa/mama..." Menjadi contoh yang baik memang merupakan tanggungjawab yang besar bagi setiap orangtua. Contoh peran dapat diberikan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Contoh peran dapat diambil dari berbagai jenis pekerjaan, berbagai kota, maupun negara. Ada anak-anak yang mengagumi atau mengidolakan pemain basket, penulis ataupun ilmuwan terkenal. Dan percaya atau tidak banyak anak-anak yang melihat orangtuanya sebagai contoh peran dan figur yang dikagumi.

Yang sering terjadi adalah perilaku kita sebagai orangtua terbentuk dari pengalaman kita semasa kecil. Kita sering berpikir tidak ingin menjadi seperti orangtua kita. Atau, terkadang kita beranggapan kondisi seperti sekarang ini yang kita berikan kepada anak adalah yang terbaik, dan sudah cukup untuk anak-anak. Jangan lupa, bila anda memberikan reaksi, dan bukannya respon atas tindakan anak anda, maka hal ini akan menghambat anda dalam mengambil keputusan yang dapat mengubah akibat dari situasi yang terjadi. Jadilah orangtua yang lebih efektif, konsisten, aktif dan penuh perhatian. Yang terbaik adalah memusatkan perhatian pada anak-anak dan kehidupan mereka.

Apakah hal ini berarti anda harus sempurna agar anak Anda tumbuh sempurna juga? Tentu saja tidak. Tidak ada manusia yang sempurna. Tetapi anda harus mengetahui contoh yang bagaimana yang diperlukan oleh anak anda.

Anda mungkin ingin menjadi contoh seperti yang disebutkan berikut ini:

Berikan contoh
Lakukan apa yang anda katakan dan katakan apa yang anda lakukan.
Anak selalu meniru figur orang yang dikaguminya. Baik cara berbicara, ucapan ataupun sikap. Bila anda meminta anak untuk selalu menelepon dan memberitahukan anda bila dia pulang terlambat, anda pun harus melakukan hal yang sama, memberitahukan mereka bila anda pulang terlambat. Bila anda tidak ingin anak anda berteriak, lakukan hal yang sama, jangan berteriak. Sikap yang konsisten akan membantu pembentukan perilaku anak anda.

Hormati anak
Bagi sebagian anak, tidak mudah untuk mengerti kata-kata karena kata-kata merupakan sesuatu yang tidak dapat mereka sentuh atau rasakan tetapi kata-kata tetap merupakan konsep yang sangat penting. Untuk membantu anak anda belajar tentang menghargai dan menghormati, dapat anda perlihatkan kepada mereka secara langsung. Misalnya berikan mereka kesempatan untuk memilih di antara dua atau tiga baju yang akan mereka kenakan dan setelah mereka menentukan pilihannya, katakan kepada mereka bahwa anda menghargai pilihan mereka.

Berbicara jujur
Orang dewasa sering merasa bingung dengan perasaan mereka oleh karena itu tidaklah heran bila anak-anak pun sering merasa bingung dengan perasaan mereka. Mungkin anda mengalami stres seharian di tempat kerja anda tetapi anak anda akan berpikir anda marah dengan mereka. Bila anda bersikap tidak seperti biasanya, jelaskan kepada anak anda bahwa hal ini bukan karena salah mereka melainkan karena anda mengalami stres seharian di tempat kerja. Percayalah, anak anda dapat menghibur anda. Anda dapat menghindari menyakiti hati anak anda dengan mengatakan secara jujur mengenai apa yang anda rasakan dan anda alami.

Marah tidak berarti tidak cinta
Selisih paham dan argumentasi merupakan hal yang wajar terjadi. Tetapi anak-anak tidak dapat memisahkan antara cinta dan marah. Mereka menganggap bila anda berteriak kepada mereka berarti anda tidak mencintai mereka. Walaupun menurut anda, anak anda tahu bahwa anda mencintainya, anda tetap harus memberikan penjelasan. Kalau tidak, anak anda akan merasa tidak dicintai setiap kali anda dan dia berselisih paham. Anda harus waspada dengan perubahan emosi anak anda agar anda dapat menuntun mereka melalui saat-saat marah atau sedih tanpa mengabaikan apa perasaan mereka.

Lakukan hal yang sama
Katakan dan perlihatkan dengan jelas kepada anak anda sikap dari figur yang dikaguminya yang tidak boleh ditiru. Misalnya anak anda mengagumi pemain basket tertentu, tetapi ternyata tokoh yang dikaguminya pecandu narkoba; jelaskan kepada mereka mengapa hal tersebut tidak boleh ditiru. Bila anda tidak ingin anak anda merokok, tunjukkan kepada mereka bahwa anda pun tidak merokok.

Bila anda ingin anak anda selalu tepat waktu tiba di sekolah, pastikan anda pun melakukan hal yang sama, disiplin waktu dan tidak terlambat ke kantor. Bila anda tidak ingin anak anda mengucapkan kata-kata yang kasar atau memaki, anda pun harus memberikan contoh langsung dengan tidak mengucapkan kata-kata kasar atau memaki. Dengan meninjau kembali sikap anda berarti anda harus jujur terhadap diri anda sendiri. Mungkin anda harus merubah sikap ataupun cara anda berbicara agar anda dapat menjadi contoh yang baik bagi anak anda.  

Sumber : nova
Halaman :
1

Ikuti Kami