Dapatkah Anda Melihat Kesempatan Ini?

Investment / 29 October 2007

Kalangan Sendiri

Dapatkah Anda Melihat Kesempatan Ini?

yosefel Official Writer
5363

Sultan Persia telah mengirimkan dua orang pegawainya ke hukuman mati. Satu dari dari antara mereka mengetahui betapa Sultan mencintai kuda stallionnya, menawarkan diri untuk mengajar kuda Sultan ini untuk bisa terbang dalam waktu satu tahun sebagai imbalan hidupnya. Sultan yang membayangkan dirinya sebagai satu-satunya pengendara kuda yang bisa terbang di dunia, setuju dengan pengajuan ini.

Seorang terhukum lainnya melihat pada rekannya dengan tidak percaya : "Kamu tahu kuda tidak bisa terbang. Apa yang membuat kamu datang dengan ide gila seperti itu?. Kamu hanya menunda hukuman mati itu!."

"Tidak juga", terhukum pertama menyanggah, : "Saya benar-benar memberikan diri saya empat kesempatan untuk bisa bebas merdeka. Pertama, Sultan mungkin meninggal dalam satu tahun ini. Kedua, saya juga mungkin mati. Ketiga, kuda itu mungkin mati dalam satu tahun ini. Keempat - saya mungkin bisa mengajar kuda itu terbang".

Sumber cerita : The Craft Of Power, R.G.H. Siu, 1979.

Wow - saya suka cara berpikir orang ini. Daripada memberikan dirinya sebagai seorang bermental korban, dengan satu saran yang kreatif dia menciptakan empat kesempatan terhadap masa depannya dibanding hanya setuju tanpa membantah terhadap hukuman matinya yang dengan segera akan dijalankan.

Nyalakan Diri Anda

Kala Anda belajar untuk melihat sesuatu dengan cara yang baru, catatlah bahwa kamu mungkin dapat melenturkan cara berpikirmu dan menyadari kemungkinan Anda tidak pernah memikirkan cara baru itu di masa lalu.

Ini adalah pertanyaan yang bisa menolong Anda melenturkan cara berpikir Anda. Apa yang akan Anda lakukan jika Anda dipecat hari ini?. Apakah Anda akan panik dan merengek-rengek pada orang lain yang juga keluar dari pekerjaannya. Atau apakah Anda akan mengontak bank dan mengatakan pada mereka bahwa Anda mungkin tidak bisa membuat pembayaran hipotek untuk bulan berikutnya?. Atau mungkin Anda akan membatalkan keanggotaan klub golf untuk menyelamatkan iuran bulanan? Mungkin kamu akan menarik anak-anak keluar dari sekolah swasta yang bagus tapi mahal?. Atau Anda akan melapor ke Depot Perumahan dan menawarkan diri bekerja dengan bayaran murah?.

Ini semua adalah respon nyata yang saya lihat dari orang-orang kompeten yang telah menerima berita buruk semisal pemecatan. Respon cepat dengan cara membebaskan diri dengan harga minimal adalah tipikal tindakan yang muncul ketika menghadapi sesuatu keadaan yang diluar harapan - untuk menganggap bahwa perubahan yang tidak diharapkan akan memaksa suatu penurunan pendapatan dan kebebasan waktu. Mengapa itu yang menjadi respon pertama? Mengapa itu tidak hanya seperti mengubah Anda untuk dapat bergerak ke arah yang lebih menggiurkan, lebih terpenuhi dan menghasilkan?. Dapatkah Anda melihat kesempatan baru yang lebih baik? Selama Anda hanya bisa membayangkannya - mengapa tidak membayangkan kesempatan yang membuat kamu bergerak ke jenjang kesuksesan?

Ketika hal yang buruk terjadi - jangan segera percaya itulah menjadi pertanda kesulitan demi kesulitan akan datang dalam hidup Anda. Mungkin justru hal-hal indah diluar nalar tengah menanti untuk menyelimuti Anda. Dapatkah Anda melihat kesempatan ini?

Sumber : Sumber: 48 Days - Dan Miller
Halaman :
1

Ikuti Kami