The Good Sheperd

Film Review / 14 October 2007

Kalangan Sendiri

The Good Sheperd

Tammy Official Writer
4992
The Good SheperdIntel, Polisi Rahasia, CIA, KGB, Mossad, dan semua kata yang sejenis seperti adalah kata-kata yang mengandung misteri dan rahasia. Suatu pekerjaan yang menjalani tugas patriotisme penuh misteri. Inilah yang dialami Matt Damon ketika berperan sebagai Edward Wilson, seorang pria yang dimasa kuliahnya di Yale bergabung dengan kelompok persaudaraan Skull & Bone yang akhirnya direkrut oleh pemerintah AS sebagai bagian dari O.S.S pada masa perang dunia II yang akhirnya ia juga yang turut ambil bagian dalam berdirinya CIA.

Pada janji kaul-nya dengan Skull & Bone diceritakan bahwa pada masa kecilnya ia melihat ayahnya sendiri meninggal bunuh diri dan meninggalkan surat bagi keluarganya dan hanya ia sendiri yang mengetahui dan menyimpan surat itu. Hingga akhir cerita ia tak pernah membaca surat itu. Yang ia tahu bahwa hidup adalah rahasia dan misteri.

Edward Wilson menikah dengan Margareth Clover, diperankan oleh Angelina Jolie, dan satu minggu setelahnya ia ditugaskan menjadi mata-mata di Rusia. Dan ternyata tugas tersebut ia jalani selama 6 tahun. Ia menjadi sangat terlibat dengan pekerjaan mata-matanya dan tak pernah menyaksikan bagaimana putranya selama 6 tahun bertumbuh.

The Good SheperdDan ketika ia pulang, kisah film ini menjadi sedikit lebih menarik sebagaimana ia ‘membawa pekerjaan ke rumah' dan putranya pun menjadi tertarik dengan pekerjaan ayahnya dan kisah pun berganti menjadi kehidupan keluarga mata-mata.

Dengan nama-nama tenar seperti Matt Damon, Angelina Jolie, Alec Baldwin, dan Robert De Niro serta juga diproduseri dan disutradarai oleh Robert De Niro mungkin anda mengira The Good Sheperd adalah film spektakuler berkisah mata-mata dan dipenuhi banyak adegan action. Sangat disayangkan film ini tidak menjawab kehausan penonton akan film spektakuler. Adegan action pun bisa dibilang nyaris tidak ada, film ini hampir seluruhnya dialog. Bahkan acting para pemain pun bisa dibilang nyaris terlupakan setelah menonton film ini. Peran unik sebagai Edward Wilson yaitu seorang agen mata-mata dan bisa dibilang memiliki peran kepemimpinan dalam memprakarsai CIA dimainkan oleh Matt Damon dengan wajah yang nyaris tanpa ekspresi bahkan tidak terlihat ketegangan pekerjaan sebagai agen mata-mata.

Sangat menyedihkan dengan nama-nama besar yang menjadi harapan penonton untuk hiburan yang seru justru membuat penonton menjadi bertanya-tanya sendiri tentang pesan yang ingin disampaikan dari film ini.

The Good SheperdPada akhir kisah Edward Wilson akhirnya membuka surat yang ditulis oleh ayahnya sebelum ayahnya bunuh diri. Sangat disayangkan bahwa ia membuka surat tersebut setelah ia mengambil keputusan tentang arah hidupnya karena surat itu justru sebenarnya adalah pesan panduan dari seorang bapa kepada anaknya untuk pilihan yang terbaik bagi anaknya.

Singkat cerita, jika anda tertarik dengan film drama dan dibintangi oleh nama-nama besar mungkin anda akan menyukai film ini dengan mengesampingkan bahwa ini adalah film membosankan berdurasi dua jam lebih dan memiliki alur kisah yang penontonnya harus menyimak dengan baik untuk dapat mendapat makna dari film ini.
Halaman :
1

Ikuti Kami