Gigiku Tumbuh

Parenting / 10 October 2007

Kalangan Sendiri

Gigiku Tumbuh

prisca Official Writer
4013
 Tanda-tanda tumbuh gigi :
      • Rasa ingin menggigt-gigit.
      • Gusi yang bengkak
      • Mengeluarkan air liur yang berlebihan
      • Rewel, terutama di malam hari
      • Menarik-narik telinga. Bisa juga tanda-tanda infeksi telinga, namun bisa juga tanda-tanda tumbuh gigi. Rasa sakit pada rahang ditransfer ke saluran telinga

Cara Mengurangi Rasa Sakit

Anda mungkin perlu mencoba beberapa metode di bawah ini untuk mengetahui yang mana yang paling ampuh untuk anak anda :

Waslap basah dan beku. Kain yang tebal terasa enak, dan rasa dingin mematikan rasa sakit pada gusi. Mainan, untuk para bayi gigit, yang telah didinginkan di lemari es juga ampuh, namun mainan beku mungkin terlalu kasar untuk gusi bayi yang sensitif

Pijatan. Jika gigi masih jauh di dalam gusi dan belum menyebabkan bengkak, cobalah gosok-gosokkan jari anda yang telah dibersihkan (atau gunakan waslap)

Acetaminophen and ibuprofen untuk bayi bisa menghilangkan rasa sakit untuk sementara. sepanjang andak tidak melebihi dosis yang direkomendasikan.

Pengalih perhatian. Anda bisa menenangkan anak anda cukup dengan mengalihkan perhatiannya dari rasa sakit. Berikan dia mainan baru. Dan jangan remehkan kekuatan dari sentuhan: Mungkin sebuah pelukanlah yang dia butuhkan untuk mengalihkan pikirannya dari mulutnya.

Trik-trik yang sebaiknya jangan anda lakukan:

Makan keras seperti roti panggang, wortel dan pisang beku. Makanan-makanan tersebut mungkin terlihat menggiurkan untuk digigit-gigit, tapi apabila dikunyak-kunya cukup lama,makanan tersebut akan terbelah-belah, yang dapat menyebabkan si kecil tersedak.

Mengoleskan sedikit brandy pada gusi yang bengkak. Bahkan alkohol dalam jumlah yang sedikit saja bisa beracun untuk bayi.

Kapan harus ke dokter

Karena beberapa tanda-tanda tumbuh gigi mungkin juga tanda-tanda sakit, pergilah ke dokter apabila gejala-gejala tersebut bertambah parah (misalnya: demam tinggi)

Kesimpulan

Proses pertumbuhan gigi berlangsung selama 2 tahun, tetapi setelah beberapa pertumbuhan pertama, prosesnya tidak terlalu menyakitkan. Pada saat gigi-gigi pertama muncul, cobalah untuk membersihkannya dengan lembut menggunakan waslap dua kali sehari. Apapun yang anda lakukan, jangan menyusui bayi anda sampai dia tertidur pada saat dia sudah punya gigi, karena sekarang dia rawan mengalami gigi yang berlubang. Ini mungkin akan sulit untuk anda dan bayi anda, tapi dengan sedikit bantuan, dia akan memiliki senyuman yang manis seumur hidup.

Sumber : www.parenting.com
Halaman :
1

Ikuti Kami