Perkataan Kehidupan
Kalangan Sendiri

Perkataan Kehidupan

Admin Spiritual Official Writer
      11930
Amsal 10:11
Mulut orang benar adalah sumber kehidupan, tetapi mulut orang fasik menyembunyikan kelaliman.

Mulut mempunyai kuasa yang begitu hebat. Dengan mulut kita dapat membunuh atau membangun semangat hidup. Dengan mulut, kita dapat menguatkan maupun menjatuhkan. Menjatuhkan tidak selalu berarti mengucapkan kata-kata kasar atau caci maki. Menjatuhkan dapat kita lakukan dengan hal sederhana seperti mengkritik.

Berapa kali anda mengkritik orang lain dalam sehari? Mungkin hanya dengan membuat komentar seperti, "Baju kamu kok nggak oke hari ini?" atau "Belom keramas ya? Rambutmu keliatan berminyak." Komentar-komentar seperti ini mungkin memang simple, tapi dampaknya luar biasa, dapat mematahkan semangat orang lain. Bayangkan saja, seandainya orang tersebut sedang terkena masalah yang berat di rumah, dan ketika ia menemui kita, yang ada hanyalah kritikan soal penampilan dan hal lainnya. Sebisa mungkin, cobalah untuk tidak mengkritik orang lain, kecuali pendapat kita memang diminta.

Ada kritikan yang didasari fakta atau alasan yang benar, yang bisa membangun dan memperbaiki. Namun, ada yang didasari oleh alasan tidak baik (seperti ingin menjatuhkan atau mempermalukan). Apapun alasannya, kritikan bersifat memprotes atau menyanggah pihak lain. Memang baik untuk mencoba memperbaiki sesuatu, tapi jika dengan berbuat demikian kita mematahkan semangat orang lain, sepertinya perlu diingat kembali bahwa mulut kita seharusnya menjadi sumber kehidupan dan bukan kematian.

Isilah hari-hari Anda dengan kata-kata yang membangun, maka setiap orang akan diberkati dengan kehadiran Anda.

Ikuti Kami