Anak Suka Membaca

Parenting / 21 September 2007

Kalangan Sendiri

Anak Suka Membaca

prisca Official Writer
4875

Walaupun si balita belum dapat membaca, anda dapat mengajarnya ‘membaca' dan mencintai buku.

Kemampuan membaca dan mencintai buku penting untuk ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini. Karena membaca merupakan kegiatan yang sangat berpengaruh bagi pembentukan dasar diri si kecil, juga untuk keseluruhan proses belajar anak kelak. Walaupun anak anda masih berusia balita, namun anda dapat mulai mengajak anak mencintai buku melalui berbagai cara antara lain:

Ø Memberi buku-buku cerita yang menarik

Pilihlah buku yang terbuat dari kertas karton tebal tahan air bagi bayi maupun anak batita. Buku yang terbuat dari karton tebal tidak mudah rusak jika dibuka-buka maupun dimainkan. Selain itu, carilah buku-buku dengan gambar dan warna-warna yang menarik. Buku dengan banyak gambar dan sedikit tulisan akan lebih menarik bagi si batita.

Ø Membuat perpustakaan mini

Buatlah perpustakaan mini yang sederhana, dan ciptakan suasana yang   nyaman. Misalnya, menyediakan lahan khusus dengan karpet atau berbagai bantalan di dekat rak tempat si kecil menyimpan buku-bukunya. Upayakan agar rak mudah dijangkau oleh tangan mungil anak, serta tidak membahayakannya.

Ø Membacakan cerita secara berkala

Sediakan waktu secara berkala untuk membacakan cerita yang menarik bagi anak. Misalnya, sebelum tidur. Carilah cerita yang menyenangkan dan bacakan dengan cara menarik. Jika mungkin, buatlah alat peraga sederhana untuk menunjang cerita. Misalnya, boneka tangan yang dijadikan sebagai tokoh cerita.

Ø Bermain tebak-tebakan cerita

Ketika membacakan sebuah cerita pada anak, berhentilah pada satu titik tertentu ketika cerita mengarah ke satu arah, lalu tanyakan apa yang terjadi dengan tokoh utama menurut anak. Biasakan si kecil mengarang kelanjutan ceritanya sendiri dengan tebakan-tebakannya. Dengan cara ini ia terbiasa mengarang sebuah cerita sendiri

Ø Membacakan apa saja

Jangan hanya berhenti pada buku cerita. Bacakan apa saja yang dapat anda baca dengan suara keras. Misalnya, anda dapat membaca secara keras resep makanan yang anda buat, atau amplop surat yang anda terima. Baca bagian-bagian yang mudah dimengerti. Misalnya, nama dan alamat pengirim surat . Selain itu, tunjuk tulisan apa saja yang terpampang di jalan dan bacakan dengan keras. 

Ø Menciptakan suatu tokoh

Carilah serial cerita yang sangat disukai anak, yang menggambarkan suatu tokoh yang mengajarkan atau mengamalkan kebaikan. Buatlah tokoh tersebut sebagai tokoh panutan yang dikenal seluruh keluarga, sehingga akan sering disebut-sebut dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Dengan cara itu, secara tidak langsung, sang tokoh pun mengajarkan berbagai nilai pada anak.

Ø Meminta anak ‘membaca' cerita

Sekali-sekali mintalah anak memilih buku cerita yang disukainya, lalu biarkan ia ‘membacakan' isinya untuk Anda. Biarlah anak bercerita sesuai apa yang ingin diceritakannya. Jangan melontarkan kritik. Misalnya, mengatakan bahwa isi buku tersebut sangat berbeda dengan apa yang diceritakannya. Kritik anda dapat mematikan semangatnya untuk merangkai sebuah cerita versinya sendiri.

Ø Membuat buku cerita bersama

Biasakan untuk menanyakan cerita dibalik setiap gambar yang dibuatnya, lalu menuliskan cerita tersebut di bawah gambarnya. Jadikan satu lembaran-lembaran gambar beserta ceritanya tersebut, lalu dijilid. Jika anak terbiasa membuat cerita-cerita terhadap gambar-gambar yang dibuatnya, ajaklah ia membuat buku ceritanya sendiri. Minta si kecil membuat gambar semacam gambar kartun berseri. Anda dapat menuliskan apa yang diceritakan mengenai gambar yang dibuatnya tersebut sehingga jadilah sebuah cerita bergambar sederhana.

Ø Mengajak bermain huruf dan angka

Berbagai mainan dapat merangsang si kecil untuk mengenal huruf dan angka. Ajaklah ia memainkannya. Misalnya, minta dia untuk mencari dua kartu dengan angka atau huruf yang sama bentuknya. Atau, pasanglah kertas bertuliskan nama-nama benda pada benda yang ada di sekitarnya. Permainan-permainan sederhana ini merupakan upaya awal anak untuk dapat belajar membaca.

Ø Memperlihatkan asyiknya membaca

Biarkan si kecil melihat betapa asyiknya anda membaca berbagai buku. Tunjukkan pada anak bahwa membaca sangat menyenangkan. Dengan membaca kita mengetahui berbagai hal di berbagai tempat, tanpa perlu   pergi ke tempat tersebut. Perlihatkan berbagai buku yang menggambarkan beragam hal, seperti negeri-negeri seberang dan segala keunikannya, atau berbagai flora dan fauna. Ceritakan pada anak intisari dari buku-buku yang anda baca, sesuai pemahaman anak balita.

Sumber : Ayahbunda
Halaman :
1

Ikuti Kami