Mitos Dan Fakta Tentang Olahraga

Info Sehat / 18 September 2007

Kalangan Sendiri

Mitos Dan Fakta Tentang Olahraga

Lestari99 Official Writer
10469

Cara sehat apa yang Anda pilih untuk mendapatkan tubuh sehat, kencang, dan langsing? Yap, pasti olahraga! Bila Anda seorang penggemar olahraga, tentunya Anda sudah tahu ‘hukum-hukum wajib' dalam berolahraga yang harus ditaati. Padahal, bisa jadi tidak seluruhnya benar. Penasaran? Cari tahu kebenarannya!

Pinggang ramping dengan sit up 100 kali per hari

Fakta: Salah

Ternyata, pinggang ramping dan perut rata yang sangat Anda idamkan lebih tepat diperoleh jika Anda mengatur pola makan dengan diet seimbang.

Perbanyak mengonsumsi makanan kaya serat, seperti buah, sayur, dan makanan rendah lemak. Dalam waktu berbarengan, latih perut bagian atas dan bawah dengan gerakan khusus. Gerakan yang disarankan Bobby Ferdian S.Pd, personal trainer dari Golds Gym, adalah dengan berbaring telentang dan menggerakkan kaki seperti gerakan mengayuh sepeda. Menurut Bobby, latihan ini bisa untuk mengencangkan otot-otot perut bagian bawah.

Kulit terasa panas pertanda lemak tubuh mulai luntur

Fakta: Salah

Perlu Anda ketahui bahwa tanda-tanda ‘perginya' lemak dari tubuh kita sangat tidak kentara. Sebetulnya, sensasi panas yang Anda rasakan pada saat latihan beban atau aerobik diakibatkan oleh suhu tubuh yang meningkat. "Detak jantung yang meningkat menyebabkan peredaran darah kita lancar dan cepat. Hal itu yang menyebabkan temperatur tubuh meningkat," tutur Bobby.

Melakukan berbagai peregangan sebelum latihan

Fakta: Salah

Pemanasan sebelum memulai olahraga merupakan bagian yang tidak boleh ditinggalkan. Memang banyak cara mudah untuk membuat jaringan otot kita siap bergerak. Tetapi, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasilnya tidak fatal. Pertama, jangan pernah melakukan peregangan atau stretching pada otot yang masih ‘dingin' karena hanya akan membuat otot cedera.

Sekali Anda berhenti latihan, tubuh akan melar

Fakta: Salah

Otot dan lemak sangat berbeda komposisi materi penyusunnya. Alasan sebenarnya mengapa seseorang yang berhenti total berolahraga cenderung menjadi gemuk adalah karena mereka tidak mengubah pola makan dan metabolisme tubuh yang menurun, sehingga tubuh pun menyesuaikan diri dalam mengeluarkan energi.

Sering mengolah tubuh di sela-sela pekerjaan membuat Anda lebih fit

Fakta: Benar

Berbagai penelitian terbaru menyebutkan, berat badan stabil dan tubuh bugar bisa diperoleh dengan olahraga rutin. Tetapi, Anda juga akan memperoleh banyak manfaat jika pintar mencuri waktu untuk olah tubuh di sela-sela pekerjaan yang menumpuk. Meski hanya 10 menit badan Anda bergerak, bila frekuensinya sering, kerja jantung akan meningkat dan membuat peredaran darah makin lancar.

Halaman :
1

Ikuti Kami