Laziness
Kalangan Sendiri

Laziness

Admin Spiritual Official Writer
      10592
Pengkhotbah 10:18
Oleh karena kemalasan runtuhlah atap, dan oleh karena kelambanan tangan bocorlah rumah.

Apa yang dimaksud dengan kemalasan? Kemalasan berarti kurangnya kemauan untuk mewujudkan performa kerja optimal. Kemalasan juga dapat berarti sikap seseorang ketika dihadapkan pada tekanan sosial dan pekerjaan di sekitarnya, didorong rasa tidak aman dan takut, ia kemudian memilih menghadapinya dengan pendekatan pasif. Istilah lainnya adalah menerapkan ‘jurus menghindar'. Pendekatan ini mengurangi kadar resiko yang tidak siap diterimanya.

Dalam perumpamaan talenta, Yesus menyinggung masalah kemalasan seorang hamba. Ketika menerima uang satu talenta dari tuannya, ia tidak berpikir bagaimana mengelola modal bisnisnya. Sebaliknya menguburkan uangnya di dalam tanah. Pesan yang disampaikan di sini adalah ketidaksiapan seorang hamba mengemban kepercayaaan dan tanggung jawab dari tuannya. Ia menghindari resiko dan menyalahkan tuannya atas respon pendekatan pasif pilihannya sendiri. Tuannya menyebut hamba ini ‘jahat' dan ‘malas'. Jahat karena mempunyai paradigma yang salah dan mempertanyakan posisi dan wewenang tuannya. Malas karena enggan memperlihatkan performa kerja yang baik. Ia menghindari tanggung jawabnya.

Saat malas, seseorang kehilangan 3 hal, yakni: "sense of accomplishment" (rasa pencapaian yang utuh), "a sense of self-worth" (rasa diri berharga) dan "a sense of self-development" (keinginan mengembangkan diri). Apakah Anda sedang mengalami kemalasan? Mari tinggalkan kebiasaan tersebut!

Kemalasan merupakan virus yang akan selalu menghancurkan kesuksesan Anda. Waspadalah...!!

Ikuti Kami