The Tipping Point

Book / 17 September 2007

Kalangan Sendiri

The Tipping Point

Tammy Official Writer
5495

The Tipping PointThe Tipping Point, bagaimana hal-hal kecil bisa membuat perubahan. Buku karya Malcolm Gladwell ini, yang juga penulis buku best seller Blink, merupakan sebuah buku yang dapat membawa pembaca ke dalam paradigma baru. Sebagai jurnalis dan penulis Gladwell dalam buku ini menyuguhkan analisis epidemic menular, tidak hanya epidemic penyakit tetapi juga trend mode, bisnis, dan isyu sosial.

Tiga prinsip epidemic yang Gladwell kemukakan dalam buku ini adalah Hukum tentang Yang Sedikit (The Law of The Few), Faktor Kelekatan (The Stickiness Factor), dan Kekuatan Konteks (The Power of Context).

Gladwell juga mengemukakan tentang aturan 150 (The Rule of 150). Angka 150 menyatakan sebuah rentang dimana seseorang masih mampu berhubungan social secara baik dengan orang lain. Apabila seorang pemimpin mempunyai 150 anak buah maka umumnya komunikasi yang efektif masih mungkin terjadi. Tapi tentu saja ada hal-hal khusus dalam peristiwa tertentu yang tidak masuk dalam aturan ini. Aturan 150 dapat diberlakukan pada Span of Control dalam sebuah organisasi.

Apabila anda adalah seseorang yang ingin membuat perubahan baik dalam hal apapun juga, mulailah dari hal-hal kecil, carilah kekuatan konteks sekeliling anda, lalu dapatkan hukum yang sedikit (orang yang bisa berperan sebagai konektor, penasihat bijak, dan penjualnya) dan bangunlah factor kelekatan.

Buku ini sangat bagus dan termasuk best seller, bisa membawa pembacanya ke hal-hal yang mungkin biasa tetapi membawa kita ke pengertian baru bahwa ternyata hal-hal tersebut membawa perubahan besar. Buku ini sangat cocok untuk topik isyu social, marketing, kepemimpinan, juga motivasi. Tapi apapun topik yang buku ini suguhkan, bisa menyegarkan pandangan anda tentang hal-hal kecil.

 

Halaman :
1

Ikuti Kami