Aku Tak Mau Makan!

Parenting / 15 September 2007

Kalangan Sendiri

Aku Tak Mau Makan!

prisca Official Writer
3569

Salah satu misteri terbesar kehidupan ialah bagaimana anak-anak kecil yang "susah sekali dikasih makan" itu bisa bertahan hidup dengan cerianya hanya dengan makan dalam porsi yang begitu kecil.

Tapi setelah dipikir-pikir, sebenarnya anak kecil makan banyak hanya saja dalam porsi-porsi yang kecil. Kalau semuanya itu dicatat, maka akan terlihat jelas bahwa untuk ukuran perut kecil, jumlah makanan yang sedikit itu sudah lebih dari cukup untuk membuat mereka kenyang.

Tapi mengapa banyak sekali anak kecil yang susah dikasih makan? Orang tua atau pengasuhnya harus mengejar mereka keliling rumah hanya untuk menyuap satu sendok nasi saja.

Pertama, untuk sebagian besar anak kecil, pertumbuhan mereka berubah setelah mereka berusia 2 tahun. Karena itulah anak diatas 2 tahun agak berbeda kebiasaan makannya dengan bayi dibawah 2 tahun yang terlihat selalu lapar setiap saat. Anak diatas 2 tahun kadang harus dirayu dulu untuk bisa makan satu buah apel.

Alasan lain ialah karena anak diatas 2 tahun sudah mulai tertarik kepada benda-benda disekitar mereka untuk mengembangkan kecerdasan mereka sendiri. Mereka mulai lebih tertarik untuk ‘purapura' membaca buku atau main mobil-mobilan dan main lego ketimbang berbicara apalagi makan.

Alasan lain lagi ialah bahwa anak di usia itu tidak terlalu menyukai makanan yang berbeda-beda. Jika mereka sudah menyukai satu jenis makanan, mereka cenderung akan makan makanan yang sama. Bahayanya ialah jika makanan yang mereka suka adalah sesuatu yang tidak sehat atau tidak baik bagi pertumbuhan mereka.

Beberapa tips untuk mengatasi masalah ini:

1. Ketahui porsi pas untuk anak kecil yaitu kurang lebih satu prempat porsi orang dewasa.

2. Perhatikan juga cairan yang mereka konsumsi. Banyak anak kecil yang sangat suka minum susu dan jus sebanyak-banyaknya. Minuman-minuman tersebut mungkin baik bagi mereka. Tapi dalam jumlah berlebihan itu akan mengganggu porsi makan mereka, bahkan bisa membuat mereka menolak makan sama sekali.

3. Buat jadwal makan yang jelas sehinga anak memiliki waktu khusus yang membuat mereka merasa lapar dan dengan sendirinya mau menyantap makanan mereka tanpa dipaksa. Dalam waktu itu, selipkan juga waktu untuk makakan kecil yang sehat. Enak tapi bergizi.

4. Biasakan anak kecil anda membantu sambil bermain didapur (pastikan aman tentunya). Walau agak repot, tapi ini membuat anak tertarik untuk makan, apalagi jika makanan itu ia bantu siapkan sendiri.

5. Jangan pernah biasakan ia hanya makan satu jenis makanan tertentu. Biasakan anak makan berbagai jenis makanan, terutama yang baik bagi kesehatannya.

6. Berikan aturan makan yang jelas supaya ada disiplin tapi jangan lupa siapkan makanan yang enak untuk menggugah selera makannya.

Have a great meal!

Halaman :
1

Ikuti Kami