Prinsip Alkitabiah: Terbebas dari Jerat Hutang

Book / 12 September 2007

Kalangan Sendiri

Prinsip Alkitabiah: Terbebas dari Jerat Hutang

Tammy Official Writer
6676

Apakah artinya menjadi bebas dari jerat hutang? Apakah hal itu sesuatu yang nyata dan bisa diwujudkan? Bisakah seseorang sungguh-sungguh bebas dari segala utang? Jika yang demikian bisa diwujudkan, maka apakah mungkin untuk selanjutnya tetap tanpa utang?

Menjadi bebas dari jerat utang berarti Anda tidak meminjam apa pun; tidak ada pinjaman untuk mobil, tidak ada utang dari kartu kredit, tidak ada utang untuk pendidikan, dan tidak ada utang hipotek. Siapa saja bisa terbebas dari jerat utang, tidak peduli betapa besar utang mereka sekarang.

Agar bebas dari jerat utang seumur hidup, bidang-bidang tertentu dalam hidup Anda harus dihadapi dengan jujur, terbuka, dan akurat. Anda harus menghadapi bidang-bidang berikut ini:

  • Rohani
  • Yang menyangkut sikap
  • Yang menyangkut kebiasaan
  • Yang menyangkut hal praktis
  • Yang menyangkut hal pribadi

Bila Anda hanya mengurus bidang-bidang tertentu dari kehidupan finansial Anda, kehidupan finansial Anda tidak akan bebas dari jerat utang. Anda harus bersedia melakukan pendekatan pada setiap bidang dan berhadap-hadapan dengan kenyataan yang menyakitkan akibat keputusan-keputusan Anda di masa lalu. Berarti, kebiasaan-kebiasaan lama harus diganti dan lakukan langkah-langkah praktis yang baru, bukan hanya untuk membayar utang yang ada, melainkan juga untuk menghindari utang yang baru.

Apakah utang itu? Utang tidak lain merupakan pinjaman dari pemasukan masa depan Anda untuk melakukan pembelian sekarang apa yang tidak bisa Anda beli dengan pemasukan saat ini. Satu-satunya masalah karena meminjam uang adalah Anda harus membayarnya kembali. Tekanan yang ada dalam rumah tangga saja kalah berat bila dibandingkan dengan beban yang berasal dari utang. Tekanan untuk membayar utang tersebut bisa terasa sebagai tentakel-tentakel yang sangat kuat dari monster laut raksasa, yang menarik Anda ke kedalaman laut yang membuat Anda tidak bisa bernafas.

Yang disebut-sebut adalah aksioma « hidup di bawah kemampuan Anda ». Suatu nasihat awal yang baik sekali untuk mereka yang tenggelam dalam utang yang besar karena « hidup melampaui kemampuan mereka », namun nyaris tidak pernah cukup untuk mereka yang sudah berutang lama sekali. Keluar dari utang haruslah merupakan sikap Anda menjadikan tindakan. Untuk bisa menjalani hidup yang bebas dari jerat utang, bebas perbudakan, dan dengan gembira menuju masa pensiunan yang nyaman, Anda membutuhkan pola hidup yang berbeda.

Secara finansial, Anda harus « hidup di bawah kemampuan Anda ». Jika Anda dari dahulu hidup melampaui kemampuan Anda, maka Anda sekarang memiliki utang yang serius, tanpa harapan bisa bebas dari jerat utang kecuali Anda dengan segera mengubah kebiasaan-kebiasaan finansial Anda. Jika Anda hidup menurut kemampuan Anda, Anda mungkin terbebas dari jerat utang, tetapi Anda memiliki sedikit tabungan atau tidak memiliki tabungan atau investasi untuk bekal masa pensiunan Anda. Yang harus Anda mulai lakukan adalah hidup di bawah kemampuan Anda. Buku ini akan menunjukkan bagaimana tepatnya Anda harus melakukan hal tersebut.


Halaman :
1

Ikuti Kami