Aphrodisiac Food Ternyata Cuma Mitos!

Info Sehat / 10 September 2007

Kalangan Sendiri

Aphrodisiac Food Ternyata Cuma Mitos!

Fifi Official Writer
6146

Bisa jadi anda sudah tahu tentang makanan yang berkhasiat meningkatkan gairah seksual ini. Tetapi benarkah khasiat dari aprodisiak tersebut? Apakah aprodisiak benar hanya sebuah mitos saja?

Aprodisiak adalah unsur yang terkandung dalam benda tertentu, yang bisa meningkatkan gairah dan kemampuan seksual. Unsur tersebut dapat berupa kandungan nutrisi, aroma, bahkan jenis tanaman tertentu.

Mitos

Orang zaman dulu percaya bahwa setelah mengonsumsi daging kambing, maka gairah seksual laki-laki akan meningkat. Hal serupa ini pun konon akan dialami jika mengonsumsi pisang, siput, asparagus bahkan ginseng.

Penjelasan dari mitos ini, disebabkan oleh kesamaan bentuk antara benda-benda tersebut dengan bagian alat kelamin lelaki. Sehingga menimbulkan anggapan dengan mengkonsumsi makanan ini akan berpengaruh pada libido mereka. Begitu juga kerang yang menyerupai seperti alat kelamin perempuan. Dengan mengkonsumsi kerang ada harapan mereka akan lebih bergairah.

Efek Sensasi

Benarkan demikian? Mungkin yang terjadi pada orang yang mempercayai mitos ini sebenarnya adalah sensasi. Ada beberapa jenis aprodisiak yang meningkatkan penyampaian pesan rangsangan dalam sistem saraf, sehingga pesan seks dari dan ke otak meningkat.

Sensasi lain bersifat psikologis. Karena budaya, kepercayaan masyarakat setempat, aprodisiak menumbuhkan kondisi yang dinamakan expectancy effect pada para pemakai yang umumnya lebih banyak laki-laki. Artinya, jika orang berpikir makan daging kambing membuat libido akan meningkat maka secara psikis ia akan merasa seperti itu ketika habis menyantap daging kambing. Contoh efek sensansi lain adalah aprodisiak aroma seperti vanila, musk, dan patchouli yang dipercaya meningkatkan mood seseorang menjadi lebih tenang dan semangat. Jika dikaitkan dengan seks, sensasi ini membuat seseorang memiliki mood untuk melakuan akivitas seks. Namun sekali lagi tidak ada kaitan langsung bahwa gairah seksual meningkat karena aroma tersebut.

Fakta

 

Fakta sebenarnya dari makanan aprodisiak sebenarnya hanyalah mitos. Belum ada dasar-dasar ilmiah yang memberikan bukti nyata bahwa makanan diatas benar memiliki efek terhadap tingkat libido seseorang. Namun sekali lagi kekuatan pikiran sangat dasyat. Jika Anda percaya hal itu terjadi maka mungkin saja itu benar terjadi.

 

Jadi, apa komentar anda tentang aphrodisiac? Sumber : conectique
Halaman :
1

Ikuti Kami