Tips Redakan Stress

Psikologi / 7 September 2007

Kalangan Sendiri

Tips Redakan Stress

Fifi Official Writer
12172
Siapapun pasti tak ingin stres. Tapi apa daya? Terjebak kemacetan di jalan serta selalu dikejar deadline sudah pasti akan membuat diri Anda stres bahkan senewen. Rasanya ingin sekali berangkat ke kantor dengan semangat dan bisa mengucapkan 'Selamat pagi dunia!" dengan antusias. Sebenarnya siapapun bisa tenang saat menghadapi beragam masalah yang ada di depan mata. Menurut para ahli, melakukan aktivitas sederhana yang dapat membantu menenangkan pusat sistem syaraf sampai produksi hormon stres turun. Bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini:

 

 

Jalan Cepat

Biasanya waktu setelah makan siang, antara pukul 14.00 - 15.00, adalah saat-saat pekerjaan kembali padat namun stamina telah turun. Nah, untuk membangkitkan semangat Anda, antara pukul 14.00 - 15.00 cobalah jalan kaki cepat. Menurut Shawn Talbott, Ph.D, ahli Biokimia juga pengarang buku The Cortisol Connection, jalan cepat 30 menit menghasilkan khasiat peredaan stres yang sama dengan lari 30 menit di treadmill. Hal ini karena jalan cepat dapat meningkatkan produksi serotonin dan endorphins, zat-zat kimia di otak yang dapat memberikan rasa rileks. Bagi Anda yang tidak terlalu memiliki kantor luas, ambil 30 menit dari istirahat makan siang Anda untuk berjalan-jalan.

 

 

Nonton Sitkom

Aktivitas lain yang dapat menurunkan stres adalah menonton komedi situasi (sitkom). Menurut para ahli di Rutgers University, menonton sitkom selama 30 menit dapat menurunkan kadar stres. Hal ini sama efektifnya jika Anda berendam air panas. Sitkom membuat Anda tertawa sehingga mental Anda kembali tenang dan dapat beristirahat. Anda bisa memutar salah satu dvd dari film sitkom seperti Friends, Will & Grace atau Mad About You.

 

Makan Camilan Kacang

Apakah Anda tahu bahwa dengan mengonsumsi setengah cangkir kacang-kacangan (kacang tanah, kacang mede, kacang almond) dapat membantu mengatasi semangat yang naik turun? Dalam buku Optimum Health karangan Stephen T. Sinatra M.D, menyebutkan kacang-kacangan mengandung magnesium, salah satu zat penenang alamiah.

 

Memasak Sambil Mendengarkan Musik

Pulang kantor umumnya Anda masih membawa stres dari kantor. Sebelum stres menyebar kepada anggota keluarga lainnya, ada baiknya Anda memasak makan malam sederhana sambil mendengarkan musik. Sebuah riset yang dilakukan di Michigan State University menyebutkan mendengarkan musik yang disukai (bukan musik keras atau hingar bingar) sangat menenangkan. Musik membuat pernafasan dan denyut jantung menjadi lambat sehingga terjadi penurunan hormon stres cortisol sampai 25 %.

 

Menenangkan Orang Lain

Agak lucu memang terdengarnya menenangkan orang lain untuk membuat kita rileks tapi itu benar. Menurut Herbert Benson, M.D, dalam buku The Relaxation Response, menyebutkan bahwa dengan menenangkan orang lain kita menjadi lupa dengan masalah sendiri dan membuat kecemasan berkurang.

 

Atur Jam Weker

Tabiat yang biasa dilakukan ketika Anda mendengar jam weker Anda berbunyi adalah menekan tombol snooze agar Anda mendapat waktu ekstra tidur sekitar 5-10 menit. Tapi daripada Anda bolak-balik terbangun karena tombol snooze yang Anda tekan terus, atur jam weker Anda pada waktu paling lambat yang memungkinkan untuk bangun pagi. Terus menerus terbangun karena jam weker justru membuat otak tidak mendapatkan istirahat. Sumber : conectique
Halaman :
1

Ikuti Kami