Obat Kuatir dan Rasa Takut (Part 1)
Sumber: forbes

Kata Alkitab / 22 April 2023

Kalangan Sendiri

Obat Kuatir dan Rasa Takut (Part 1)

Admin Spiritual Official Writer
22771

‘Kuatir dan takut' bukanlah penyakit umum yang bisa dikategorikan secara medis, misalnya seperti penyakit maag, flu, cacar, kolesterol, asam urat, kanker, flu burung, AIDS dan banyak istilah lainnya lagi. Tetapi jika seseorang telah menjadi kuatir dan penakut, berarti ia sedang mengalami sakit di dalam jiwanya. Dengan demikian,  dua kata di atas dapat ditambahkan menjadi kategori penyakit versi non-medis. Alasannya, dua hal itu adalah jenis penyakit yang ganas yang tidak kelihatan.

Banyak orang, dan mungkin Saudara salah satunya, sedang  menderita penyakit jenis ini yang mengakibatkan ‘orang-orang' tersebut tidak dapat mengembangkan hidup lebih baik dan bahkan tidak sedikit yang menjalani hidup menjadi biasa-biasa saja. Atau yang lebih ekstrim lagi, ‘mereka' ingin segera mengakhiri hidup. Intinya, orang-orang yang menderita penyakit ini biasanya menjadi pribadi yang tidak memiliki visi yang jelas tentang hidupnya sendiri.

Tahukah saudara bahwa penyakit kekuatiran dan ketakutan bagaikan saudara kembar yang bisa menghancurkan potensi-potensi dalam hidup Saudara?

Ingat, musuh besar iman ialah rasa kuatir dan rasa takut!

 

Baca Juga: Rasa Takut Menyingkir Saat Andalkan Doa

 

Faktanya, penyakit yang kita bahas kali ini tidak memandang siapa dan apa jabatan dan seberapa kayanya Saudara! Banyak orang yang bergelar Doktor, artis terkenal, pengusaha kaya, mahasiwa teladan dan pekerja-pekerja sukses, termasuk juga mereka yang beridentitaskan Kristen tetapi masih mengidap penyakit ini. Tapi saya ingin memberitahukan bahwa kekuatiran tidak dapat mengubah masa lalu, sebaliknya ia akan merusakkan masa depan. Kekuatiran akan membawa Saudara ke satu-satunya tempat terakhir sebelum waktunya, yaitu : kuburan.

Saya ulangi, kekuatiran bisa melanda siapa saja dalam hal apa saja! Saya bisa daftarkan seperti ini : Apakah Saudara orang kaya atau miskin, pintar atau bodoh, tua atau muda, yang punya hutang atau yang memberi pinjaman, dan menikah atau tidak menikah. Keunikan kekuatiran lainnya ialah ada beberapa orang yang kuatir dengan benda yang dimiliki atau tidak dimilikinya, kuatir dengan apa yang dikatakan atau yang tidak pernah dikatakannya, kuatir karena terlalu kurus atau gemuk, dan kuatir karena cantik atau jelek.

 

Baca Juga: 3 Cara Praktis Mengatasi Rasa Kuatir

 

Hari ini Saudara mulai belajar untuk sembuh dari jenis penyakit ini. Perlu Saudara ketahui bahwa, rasa kuatir adalah kejengkelan pribadi Saudara terhadap Tuhan. Kuatir artinya ada sesuatu di luar kendali Saudara sendiri. Saudara takut sesuatu mungkin terjadi di masa depan - yang Ia ijinkan terjadi, dan Saudara tidak dapat dikendalikan.

Sifat penyakit adalah menular atau saling berhubungan. Demikian juga dengan 'kuatir' yang muncul karena Saudara percaya pada 'ketakutan'. Firman Tuhan tidak mendukung kondisi seperti ini.

2 Timotius 1:7 - Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Penyakit yang tidak pernah disembuhkan akan berakhir pada kematian. Jika Saudara ingin disembuhkan dari penyakit kuatir dan rasa takut, terus ikuti pengajaran ini sampai Saudara mendapatkan jawaban, menemukan obatnya dan sembuh total.

Yang harus saudara ketahui mengenai kekuatiran

1. Kekuatiran Adalah Pembunuh

Kekuatiran adalah ibu dari penyakit : kanker, jantung, tekanan darah tinggi dan maag. Kekuatiran dapat memenuhi wajah Saudara dengan kerutan dan ketakutan. Ia dapat melumpuhkan produktifitas yang akhirnya membuat Saudara susah tidur, lemah, gemetar dan lain-lain. Tidak sedikit orang-orang yang masuk liang kubur sebelum waktunya, hanya karena penyakit ini.

 

Baca Juga: 10 Ayat Alkitab Untuk Mengalahkan Ketakutan, Alami Kemenangan Dengan Kuasa Firman Tuhan!

 

2. Kekuatiran Sama Sekali Tidak Berguna

Matius 6:27 - Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?

Jangan berputus asa karena penyakit pembunuh ini. Sesungguhnya ada obat penawar untuk penyakit kekuatiran. Banyak orang berpikir bahwa keadaan ‘ideal' dapat menyingkirkan rasa kuatir. Tapi saya mau katakan bahwa, tidak ada keadaan yang ‘ideal'. Tidak ada gereja ideal, bisnis ideal, dosen ideal, pendeta ideal, pernikahan ideal dan ideal-ideal lainnya.

Faktanya, di setiap tempat yang Saudara datangi, di sana Saudara akan bertemu dengan orang-orang yang penuh dengan kesalahan, kegagalan dan ketakutan. Bahkan, tidak ada waktu yang ideal!

Setiap usia memiliki kekuatirannya sendiri. Yang muda kuatir akan masa depannya, karirnya, persaingan hidupnya dan lain-lain. Sedangkan yang tua juga merasa kuatir akan kesehatannya dan lain-lain.

Jika ada orang yang berkata : "saya akan temukan kebahagiaan dalam pernikahan", itu SALAH. Saudara tidak akan menemukan kebahagiaan dalam pernikahan. Saudara HARUS MEMBAWA kebahagiaan dalam pernikahan itu.

 

Jadi obat penawar kekuatiran adalah

Filipi 4:6-8 - Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

 

1. Menerima Damai Sejahtera

Kunci untuk hidup dalam damai adalah setelah Saudara sendiri berdamai dengan sang Raja damai itu, Yesus Kristus.

 

2. Pikirkan yang Benar

Dan sekarang kita akan membahas : OBAT PENAWAR KETAKUTAN.

Ada lima kata dalam bahasa Ibrani yang diterjemahkan sebagai ketakutan. Dan sekitar 600 kali kata ketakutan itu disebutkan dalam Alkitab.

Untuk dapat menguasai kecenderungan kita kepada ketakutan, kita perlu memahami perbedaan antara perasaan takut dan roh ketakutan.

 

Baca Juga: Hikmat yang Melenyapkan Kekuatiran

 

PERASAAN TAKUT

Tuhan memberikan perasaan takut kepada kita untuk menolong kita menanggapi keadaan-keadaan yang mengancam hidup kita.

Jangan berpikir bahwa hanya manusia yang diberikan Tuhan rasa takut itu. Coba saja Saudara mengagetkan seekor kucing, dipastikan binatang itu akan bangkit berdiri dengan ekor yang terangkat plus bulu-bulunya yang meruncing ke sana-sini. Manusia pun perlu rasa takut untuk keamanannya. Misalnya, setiap pintu rumah dipastikan telah terkunci pada malam hari untuk aman dari pencurian, membayar pajak dengan tepat waktu bukan karena mengasihi si petugas pajak tapi untuk menghindari konsekuensi masuk penjara.

Allah juga menanam perasaan takut dalam moral Saudara untuk membuat Saudara gelisah karena dosa-dosa.

Mazmur 119:120 - Badanku gemetar karena ketakutan terhadap Engkau, aku takut kepada penghukuman-Mu.

Alasan yang paling kuat kenapa Saudara memilih untuk takut kepada Tuhan tentunya karena Saudara takut masuk neraka. Coba bayangkan jika neraka tidak menakutkan atau bahkan enak untuk ada di sana, yah hampir setara dengan Sorga-lah, maka dipastikan kita akan memilih untuk berada di sana.

ROH KETAKUTAN

Roh ketakutan adalah produk neraka dan raja kegelapan (Iblis). Tahukah bahwa, krisis terbesar Saudara berasal dari ketakutan akan masalah bukan kehadiran masalah?!  Psikiater menggambarkan roh ketakutan sebagai ‘fobia'. Ada 75 fobia yang menjadi penyebab : ketakutan abnormal, tidak rasional dan melumpuhkan pikiran.

 

Baca Juga: Kuasa Tuhan di Atas Segala Rasa Kuatir

 

Dosa lahir di taman Eden, ketika manusia jatuh dalam dosa à Adam ketakutan dan bersembunyi dari Tuhan. Padahal sebelumnya mereka tidak pernah takut untuk bertemu dengan Tuhan.

Akibat Roh ketakutan :

1. Menyerang pikiran

Elia adalah nabi luar biasa yang baru saja mengalahkan 850 nabi palsu, kemudian ia diancam oleh seorang perempuan dan ia ‘ketakutan'.

1 Raja-Raja 19:4 - Tetapi ia sendiri masuk ke padang gurun sehari perjalanan jauhnya, lalu duduk di bawah sebuah pohon arar. Kemudian ia ingin mati, katanya: "Cukuplah itu! Sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku, sebab aku ini tidak lebih baik dari pada nenek moyangku."

 

2. Ketakutan itu menular

Ketika Goliat menantang orang Israel , tiba-tiba semua prajurit Israel ketakutan, mulai dari raja sampai prajuritnya.

1 Samuel 17:11 - Ketika Saul dan segenap orang Israel mendengar perkataan orang Filistin itu, maka cemaslah hati mereka dan sangat ketakutan.

 

3. Ketakutan bisa menjadi nubuat yang menggenapi dirinya sendiri

Ayub 3:25 - Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku.

 

4. Ketakutan dapat merampas warisan rohani

Dua belas pengintai mengintai tanah perjanjian, 10 orang diantaranya menjadi ketakutan dan akhirnya mereka tidak dapat masuk ke tanah perjanjian Tuhan.

Bilangan 14:29-30 - Di padang gurun ini bangkai-bangkaimu akan berhantaran, yakni semua orang di antara kamu yang dicatat, semua tanpa terkecuali yang berumur dua puluh tahun ke atas, karena kamu telah bersungut-sungut kepada-Ku. Bahwasanya kamu ini tidak akan masuk ke negeri yang dengan mengangkat sumpah telah Kujanjikan akan Kuberi kamu diami, kecuali Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun!

Apakah Saudara belajar sesuatu? Saya berharap Saudara mengerti akan diagnosa kita hari ini. Tunggu artikel selanjutnya yang akan menuntun Saudara untuk menemukan obat yang tepat dan spesifik untuk pulih dari penyakit kuatir dan takut ini.

Halaman :
1

Ikuti Kami