Amazing Grace Dalam Sebuah Film

Film Review / 20 August 2007

Kalangan Sendiri

Amazing Grace Dalam Sebuah Film

yosefel Official Writer
7838
Amazing GraceAmazing Grace, How sweet the sound / That saved a wretch like me. / I once was lost, but now am found / Was blind, but now I see.

Hampir semua orang di seluruh dunia pernah mendengarkan syair lagu abadi ciptaan John Newton, seorang pensiunan kapten kapal yang hidup di zaman perbudakan. Namun dapat dipastikan sebagian besar dari mereka tidak tahu menahu mengenai sejarah dibalik lagu abadi ini.

Sebuah film baru dengan judul yang sama yang diproduksi oleh Walden Media, yang berhasil mencatatkan sukses lewat film-film terdahulu seperti, The Chronicles of Narnia dan Charlotte's Web, kembali lagi mencetak sukses di tangga Box Office dunia lewat film epic ini.

Pada abad ke-18, Seorang pria bernama William Wilberforce berusaha untuk menjadi anggota Parlemen Inggris untuk menghentikan perbudakan di kerajaan Inggris. Wilberforce dipilih sebagai Wakil Rakyat diusia 21 tahun dan mengangkat isu perbudakan. Singkat cerita ia berhasil mempersatukan koalisi yang berbeda-beda melawan kelompok terkuat saat itu

Sosok Wilberforce sendiri bukanlah karakter jagoan seperti halnya di film-film epic lainnya. Ia juga bukanlah petarung sejati namun Wilberforce tetaplah seorang pahlawan yang berjuang lewat apa yang merupakan talenta-nya. Lewat keteguhan hatinya untuk mencapai visi-nya, ia berhasil memulai tonggak sejarah untuk menghapuskan perbudakan di muka bumi.

Tantangan dan berbagai muslihat lawan telah memperbesar kapasitasnya menjadi seorang diplomat dari partai kecil yang begitu disegani oleh partai lawan yang pendukungnya jauh lebih besar.

Michael Apted sang sutradara, juga berhasil mengarahkan beberapa scene yang dramatic menjadi begitu powerful menyentuh alam bawah sadar para penonoton.

Amazing Grace, adalah sebuah film pilihan yang baik untuk ditonton keluarga Anda. Jika Anda hendak mengajak anak yang masih duduk di Sekolah Dasar, hal ini juga tidak menjadi soal. Sebab, di dalamnya selain mengedepankan unsur sejarah, film ini juga menyampaikan pesan moral yang bisa menjadi pelajaran iman yang baikbuat buah hati tercinta.

Di dalam film ini, dalam satu adegan dikisahkan Wilberforce sempat mengajukan pertanyaan kepada Tuhan tentang masa depannya berkenaan dengan kesehatannya yang terus menurun, namun demikian Wilberforce mengambil keputusan untuk terus berjuang melawan kebijakan negaranya yang ingin tetap melanggengkan perbudakan disana. Keyakinan pada agama dan naluri kemanusiaannya telah mendorongnya untuk tetap mengabdi meski situasi seperti tanpa harapan.

Tanpa mengindahkan iman percaya suatu agama, para penonton di seluruh dunia pasti juga akan terinspirasi oleh film Amazing Grace ini. Karena film ini berhasil melakukan pendekatan yang sangat luar biasa terhadap semangat pengorbanan William Wilberforce meski hidup di dalam zaman yang penuh dengan kegelapan sisi sejarah manusia. Dedikasinya untuk menyatakan kebenaran akan membuka mata bangsa-bangsa dan dunia.

Simak Trailer  'Amazing Grace' disini !

Halaman :
1

Ikuti Kami