Aturan Baru Berolahraga

Fit & Charming / 10 August 2007

Kalangan Sendiri

Aturan Baru Berolahraga

Fifi Official Writer
10844
 

Olahraga seperti apakah yang memiliki dampak positif untuk tubuh? Apakah lebih lama berarti lebih baik? Perlukah ke gym setiap hari, atau cukupkah olahraga sebentar asalkan berkeringat?

 

Pada dasarnya olahraga tak perlu terlalu lama, beraktivitas fisik selama 30 menit saja sebenarnya sudah cukup asalkan dilakukan secara teratur minimal 5 kali dalam seminggu, atau olahraga sedikit berat selama 20 menit yang dilakukan teratur 3 kali dalam seminggu. Rekomendasi baru berolahraga itu dikeluarkan oleh asosiasi kesehatan jantung Amerika (The American Heart Association) dan The American College of Sport Medicine. Anjuran tersebut dikeluarkan oleh dua badan kesehatan karena tingginya angka obesitas pada penduduk negara maju tersebut. Anjuran itu juga menyebutkan jika olahraga dilakukan lebih dari waktu yang disarankan maka manfaatnya bagi kesehatan akan lebih banyak lagi.

 

"Menurut kami kurangnya aktivitas fisik adalah masalah kesehatan publik yang kini kita hadapi dan itu bisa meningkatkan angka kesakitan dan kematian, dibandingkan dengan misalnya kebiasaan merokok," kata ahli kebugaran dari Universitas South Carolina, Steven Blair.

 

Menurut para ahli, olahraga yang disarankan adalah jenis olahraga aerobik yang bisa meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot, misalnya jalan cepat, bersepeda, jogging, atau senam. Selain itu untuk orang lanjut usia disarankan untuk melakukan olahraga ringan namun sering, terutama yang bisa meningkatkan kelenturan dan keseimbangan tubuh.

 

Olahraga teratur juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes karena membantu menstabilkan gula darah, berat badan, dan juga tekanan darah. Secara umum, selain membuat tubuh bugar, olahraga teratur juga meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Sumber : kcm
Halaman :
1

Ikuti Kami