5 strategi keuangan pasangan baru menikah

5 strategi keuangan pasangan baru menikah

willem laoh Official Writer
8332

Agar kehidupan pernikahan Anda bebas dari pertengkaran soal uang, tetapkan strategi dalam mengelola keuangan keluarga.

1. Bangun kejujuran

Anda berdua sebaiknya bersikap jujur dan terbuka mengenai jumlah pendapatan setiap bulan, termasuk pos lain selain gaji. Jujur bukan hanya dalam hal jumlah penghasilan, tetapi juga mengenai kebiasaan berbelanja.

2. Atur pos-pos pengeluaran

Sepakati jumlah pos uang bersama, berapa dana yang digunakan untuk membiayai keperluan rumah tangga, berapa persen untuk tabungan, berapa yang dipakai untuk investasi (termasuk asuransi).

3. Tetapkan target

Evaluasi anggaran pendapatan dan pengeluaran keluarga secara berkala. Buatlah rencana pencapaian jangka panjang dan diskusikan cara mencapainya.

4. Tunjuk manajer Finansial

Jika Anda merasa tidak pandai mengatur uang dan termasuk tipe yang boros jika memegang uang, mintalah suami untuk menjadi manajer finansial dalam keluarga. Tak ada salahnya meminta bantuan konsultan keuangan untuk meminta saran dalam mengatur keuangan keluarga.

5. Bijaksana memakai uang

Bersikaplah bijaksana dalam mengelola keuangan bersama, jangan membeli barang yang tidak diperlukan, apalagi sampai memakai uang yang sedianya dipakai untuk membiayai kebutuhan rumahtangga. (An) sumber KCM.

Ikuti Kami