Waspadai

Waspadai "Virus" Yang Mematikan Potensimu

Admin Spiritual Official Writer
9117
Satu minggu yang lalu anak saya melaporkan bahwa komputernya tidak bisa digunakan lagi. Setelah diperiksa ternyata kena virus. Akibatnya, walaupun seluruh komponen (hardware) komputer tidak ada yang rusak, tetapi karena kena ‘virus' maka tidak dapat berfungsi alias macet. Virus telah mengakibatkan komputernya gagal berfungsi dengan benar.

Demikian juga ada banyak orang yang gagal bukan karena tidak memiliki potensi untuk berhasil, karena pada dasarnya Tuhan telah memberikan banyak potensi dalam diri setiap orang. Tetapi karena kemasukan ‘virus', seringkali potensi-potensi besar yang terpendam tidak bisa muncul.

Salah satu virus yang paling mematikan yaitu virus mencari-cari alasan. Orang yang terkena virus ini akan mempunyai 1001 macam alasan untuk menyatakan mengapa mereka tidak  berhasil. Itulah yang membedakan orang berhasil dan gagal. Orang yang gagal tidak akan kemana-mana dan tidak mempunyai rencana untuk kemana-mana karena ia selalu mempunyai setumpuk alasan di dalam hidupnya.

Perhatikanlah hidup orang sukses, maka kita akan melihat bahwa mereka tidak menyediakan alasan untuk tidak berusaha mengatasi kegagalan dalam hidupnya.  Orang sukses adalah mereka yang sudah pernah berkali-kali mengalami kegagalan tetapi tidak menjadikan kegagalannya sebagai alasan untuk tidak bangkit dan maju lagi.

Presiden Abraham Lincoln adalah salah satu contohnya. Ia lahir dari keluarga miskin dan hidupnya penuh dengan kegagalan, tetapi akhirnya dia berhasil menjadi presiden Amerika. Berikut ini adalah daftar kegagalannya:

1831 - Bangkrut dalam usahanya
1832 - Kalah dalam pemilihan lokal
1833 - Kembali mengalami kegagalan dalam usahanya
1835 - Istrinya meninggal dunia
1836 - Ia mengalami stress & menderita tekanan mental sehingga hampir saja
  masuk rumah sakit jiwa
1837 - Kalah dalam lomba pidato
1840 - Gagal dalam pemilihan anggota senat Amerika
1842 - Kalah untuk duduk sebagai anggota kongres Amerika Serikat
1848 - Kalah lagi di kongres
1855 - Kalah lagi di senat Amerika Serikat
1856 - Gagal dalam pemilihan Wakil Presiden Amerika Serikat
1858 - Gagal lagi di senat Amerika Serikat
1860 - Akhirnya berhasil terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat

James T. Adam berkata bahwa, "Lincoln menjadi besar bukan karena dilahirkan di pondok kayu, tetapi karena dia berhasil keluar dari pondok kayu".

Contoh lainnya adalah Lance Amstrong yang menderita sakit kanker prostat, tetapi ia bisa menjuarai balap sepeda Tour de France lima kali berturut-turut.  Mengapa? Karena ia tidak menjadikan sakit kanker prostatnya sebagai alasan untuk tidak berjuang lagi.

Seperti penyakit lainnya, virus mencari-cari alasan akan menjadi semakin buruk bila tidak ditangani dengan baik. Ia akan menggerogoti  kehidupan seseorang sampai akhirnya tidak berfungsi lagi. Karena itu jika selama ini Anda termasuk orang yang suka mencari-cari alasan, ubahlah sikap Anda. Jangan suka mencari-cari alasan lagi, tapi sebaliknya carilah jalan keluar dengan pertolongan Tuhan. Bangkitlah dari kegagalan karena kegagalan hanyalah merupakan batu loncatan menuju keberhasilan. Selamat meraih kesuksesan!

Filipi 4:13
"Segala Perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku."
Sumber : Lukito Budihardjo

Ikuti Kami