Kursi Tepat Punggung Sehat

Solusi Sehat / 22 July 2007

Kalangan Sendiri

Kursi Tepat Punggung Sehat

Fifi Official Writer
7955
Anda kerja di kantor dan harus duduk di belakang meja sehari penuh? Kalau ya kursi Anda pasti berperan vital pada perkembangan tubuh, terutama tubuh bagian belakang.

Pemilihan kursi yang tidak tepat bisa menganggu otot dan syaraf, selain juga mempengaruhi peredaran darah, seperti yang dilaporkan Ergonomic Journal. Bila seseorang duduk terlalu lama, pemompaan darah dari jantung akan sulit terjadi, salah satunya ditandai dengan kaki yang pegal, bahkan tak jarang bisa menyebabkan bengkak.

Untuk menghindarinya cobalah beristirahat beberapa kali. Gunakan waktu istirahat untuk berjalan-jalan sebentar. Mengistirahatkan kaki dengan mengangkatnya sedikit lantas menggerakkanya bisa membantu memperlancar aliran darah. "Pakailah kursi dengan sandaran yang bisa dimiringkan sesuai gerakan punggung," tulis sebuah penelitian yang dilakukan di Norwegia. Kalau memungkinkan berbaring bisa juga memberi kesempatan kepada punggung untuk rileks, hal ini membuat aliran darah menuju jantung jadi lebih lancar dan mencegah kaki bengkak.

Studi yang diadakan di Aker University Hospital, Oslo ini membandingkan kursi biasa dengan kursi bersandaran yang memungkinkan bisa membentuk sudut tertentu. Ternyata pembengkakan mulai berkurang dalam waktu 30 menit.

Jika kursi yang selama ini Anda duduki kurang nyaman di punggung namun Anda tak bisa mendapatkan kursi ergonomic yang menyehatkan punggung Anda, cobalah selalu meluangkan waktu berjalan-jalan saat break kerja, untuk menghindari rasa penat dan peredaran darah yang tak lancar. Selain menyehatkan punggung, juga mengistirahatkan mata untuk beristirahat dari hadapan komputer.

Sumber : kplg
Halaman :
1

Ikuti Kami