Yang Muda Yang Pegang Kendali

Kata Alkitab / 20 July 2007

Kalangan Sendiri

Yang Muda Yang Pegang Kendali

Admin Spiritual Official Writer
7386

1 Tim 4:12

...jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda.

 

Tuhan tidak pernah menganggap rendah kepada anak muda. Bahkan sepanjang sejarah Tuhan memakai banyak anak muda untuk membawa perubahan dalam satu jaman. Di dalam Alkitab pun, Tuhan memakai banyak anak muda untuk melaksanakan kehendakNya.

 

Timotius menurut sejarah gereja, menjadi gembala dengan 60.000 jemaat pada usia 19 tahun.

 

Yusuf mendapat mimpi yang memotivasi hidupnya untuk menjadi penyelamat bangsanya ketika ia berusia 17 tahun.

 

Daud membunuh singa dan beruang di usia 16-18 tahun dan kemudian membunuh Goliat di usia 18-19 tahun.

 

Rasul Yohanes penulis kitab Wahyu mulai mengikut Yesus pada usia 16-19 tahun.

 

Nabi Yeremia mendapat panggilannya ketika ia masih muda.

 

Bagaimana agar ANDA membawa dampak bagi komunitas kita?

 

1. Memiliki visi

 

Amsal 29:18a - Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat (NKJV = binasa)...

 

Masa muda adalah masa yang penting. Ini adalah masa perubahan dan perkembangan yang dahsyat. Perkembangan secara fisik, biologis, intelektual, emosi, nilai-nilai sosial dan moral semakin dipertajam. Tetapi di atas semuanya, ini adalah waktu yang paling menggairahkan bagi pertumbuhan rohani.

 

Tetapi tanpa visi, bahkan orang muda yang paling energik sekalipun akan hilang! Tanpa visi, Anda akan menghambur-hamburkan beberapa tahun dari masa-masa yang paling menggairahkan dalam usia puber dan keremajaan Anda.

 

Saya percaya bahwa semua orang yang berhasil adalah orang yang memiliki visi dalam hidupnya. Bahkan Alkitab dengan jelas mengatakan bahwa orang yang tidak mempunyai visi akan binasa... Jangankan memberi dampak, hidupnya sendiri akan binasa pada akhirnya.

 

Sebagai anak Tuhan, sebenarnya Tuhan sudah memberikan kepada Anda sebuah visi untuk dijalani dan ada harga yang harus dibayar. Sebuah visi untuk dikejar seumur hidup Anda. Masalahnya adalah apakah Anda mempunyai kerinduan untuk menemukannya dan bersemangat untuk melakukannya. Tuhan hanya akan menyingkapkan visi kepada mereka yang punya keseriusan untuk melaksanakannya. Mengerjakan visi Tuhan bukanlah pekerjaan paruh waktu yang bisa dilakukan sebagai sampingan bila Anda ada waktu dan sedang mood.

 

Apa yang menawan hati dan pikiranmu pada saat ini? Fakta membuktikan bahwa siapapun dan apapun yang menawan hati dan imajinasi anak muda akan mendominasi sebuah generasi! Doa saya agar hati dan pikiran kita ditawan oleh hal-hal yang rohani.

 

2. Dimiliki visi

 

Kalau Anda ingin memberi dampak, tidak cukup hanya memiliki visi. Anda harus dimiliki oleh visi... Visi mencengkeram hidupmu begitu kuat sehingga Anda rela memberikan apa saja agar visi itu digenapi.

 

Sebulan sebelum saya diwisuda sebagai sarjana Teknik Industri di salah satu perguruan tinggi, Tuhan memanggil saya untuk menjadi hamba Tuhan sepenuh waktu. Sejujurnya, saya tidak mau menjadi hamba Tuhan karena alasan ekonomi. Saya punya kesempatan untuk jadi orang berhasil di dunia sekuler dengan modal gelar sarjana. Tapi ada satu hal yang tidak bisa saya pungkiri bahwa saya punya tekad untuk hidup hanya menyenangkan Tuhan saja. Terlebih karena saya pernah diselamatkan Tuhan dalam sebuah kecelakaan dan disembuhkan dari gegar otak. Singkat cerita, dalam waktu sebulan, Tuhan memenangkan hati saya untuk terjun di ladangNya. Semenjak saya ambil keputusan menjadi hamba Tuhan, banyak serbuan masalah yang membuat saya ingin undur. Namun, ada banyak kesaksian hamba-hamba Tuhan yang menguatkan saya untuk tetap berjalan. Salah satunya adalah perkataan C.T. Studd (misionari ke China, India dan Afrika) : "Jika Yesus Kristus adalah Tuhan dan mati bagi saya, maka tidak ada pengorbanan yang terlalu besar bagi saya untuk saya berikan bagi Dia."

 

Seringkali yang menjadi masalah anak muda bukanlah KOMITMEN yang dia buat tetapi KONSISTENSI untuk menjalani komitmen itu.

 

Saya berdoa agar kita tidak hanya sekadar memiliki visi tapi juga dimiliki visi... Tidak hanya sekadar berkomitmen tapi juga konsisten dalam menjalani komitmen kita.

 

II Tawarikh 16:19a - Tuhan itu setia dan adil ... Dia akan mencurahkan kekuatanNya kepada orang yang bersungguh hati kepada Dia

 

 

Bukan kekuatan Anda yang akan memberi dampak bagi komunitas Anda, melainkan kekuatan Tuhan yang tercurah dalam hidup Anda. Jadilah anak muda yang memegang kendali untuk membawa dampak kerajaan Surga bagi dunia ini.

Sumber : Yoseph Situmeang
Halaman :
1

Ikuti Kami