Zona Ketidakmustahilan

Kata Alkitab / 16 July 2007

Kalangan Sendiri

Zona Ketidakmustahilan

Lestari99 Official Writer
10792
Banyak orang berkata kepada saya : "Pak Pendeta, berkhotbahlah sesuatu yang real!!"

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan realita? Realita adalah sesuatu yang kita lihat, fakta yang natural dan ilmiah. Contoh: hukum, prinsip dan formula. Realita sangat berdasar kepada sesuatu yang dapat kita lihat bukan berdasar pada apa yang tidak kita lihat (II Korintus 4:18).

Benda-benda seperti pakaian, TV, komputer, mobil, rumah, uang, toko, bengkel dan lain-lain adalah hal-hal yang kelihatan dan bersifat sementara. Pertanyaannya, hal apakah yang tidak kelihatan yang bersifat kekal?

Alkitab mengatakan bahwa manusia itu adalah roh yang memiliki jiwa yang tinggal dalam tubuh. Roh dan jiwa tidak kelihatan, bersifat kekal; namun tubuh kelihatan, bersifat sementara.

Kebanyakan orang hanya memikirkan area fisik atau sesuatu yang kelihatan dan mengabaikan yang tidak kelihatan. Padahal yang kelihatan itu sifatnya hanya sementara, berbeda dengan yang tidak kelihatan yang sifatnya kekal. Realita tidaklah kekal dan bisa berubah.

Ada sebuah ilustrasi yang menggambarkan bahwa realita itu tidaklah tetap.

Wright bersaudara tinggal dimasa manusia saat itu belum mengenal pesawat terbang. Manusia saat itu percaya realita bahwa manusia tidak bisa terbang. Tetapi dua orang bersaudara ini tetap pada pemikirannya bahwa mereka bisa terbang. Dan sejarah mencatat bahwa mereka telah menemukan alat baru untuk membantu manusia bisa melakukan transportasi melalui jalur udara. Saat ini justru tidak realistis jika Anda ingin ke Amerika dengan berenang atau mendayung perahu kayu Anda. Cukup jelas hal ini menunjukkan bahwa realita itu tidaklah tetap. Realita Anda saat ini adalah batas Anda! 

Ada prinsip untuk mengubah kemustahilan menjadi realita dan bagaimanakah Anda dapat tinggal dalam zona  ketidakmustahilan. Zona ini adalah tempat di mana kita menggunakan realita kita. Ini adalah daerah di mana kemustahilan diubah menjadi realita. Anda tentunya percaya dengan kelahiran Yesus Kristus (Lukas 1:26-38), dan sejarah itu adalah ketidakmustahilan yang telah menjadi realita. Daerah ketidakmustahilan adalah tempat Anda untuk mengubah kemustahilan menjadi realita.

Melihat situasi saat ini di mana banyak orang sedang mengalir masuk dalam lingkungan kerja dengan mobilitas tinggi, apakah mungkin bagi Anda sebagai orang percaya untuk menciptakan tempat seperti itu? Artikel ini akan membantu Anda untuk menemukan jawabannya.

7 kata kunci yang bisa membuat kita menciptakan Zona Ketidakmustahilan :

1.  Memiliki Iman

Lukas 1:28-30

Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau." (Diberkati engkau diantara wanita-wanita ...NKJV) Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu. Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.

Menghadapi situasi ini, tentunya diperlukan iman yang memiliki tiga arah :

  • Iman terhadap Allah.
  • Iman terhadap orang lain.
  • Iman terhadap diri sendiri.

Banyak orang ketika mendengar perkataan: "Diberkatilah engkau" atau "Anda sangat dikaruniai Tuhan (highly favor)" biasanya memunculkan respon takut atau tidak percaya sambil berkata: "Siapakah saya ini Tuhan, saya ini hanyalah pelajar....ibu rumah tangga..." atau "Saya tidaklah layak untuk itu Tuhan.." atau "Tuhan saya terlalu banyak kekurangan dan kelemahan".

Highly favor (sangat dikaruniai) artinya: Anda dipilih sementara yang lain tidak, Anda menang ketika yang lainnya kalah, Anda sembuh sementara yang lainnya hidup terkutuk dan sakit, Anda diberkati sementara yang lainnya hidup melarat. Anda dipisahkan bukan hanya untuk dikuduskan tetapi untuk dikaruniai dengan luar biasa. Allah telah menaruh namaNya di dalam dirimu, Allah telah mengukir engkau dengan tanganNya.

"Diberkatilah engkau diantara semua wanita". Menurut terjemahan NKJV, artinya ialah jika Anda pria maka diberkatilah Anda para pria diantara semua pria. Jika Anda wanita maka diberkatilah Anda para wanita diantara semua wanita. Jika Anda pelajar maka diberkatilah Anda para pelajar diantara semua pelajar. Jika Anda karyawan maka diberkatilah Anda para karyawan diantara semua karyawan. Jika Anda orang tua maka diberkatilah Anda para orang tua diantara semua orang tua. Anda harus berbahagia, meskipun anda tidak berbahagia, karena Anda diberkati dan sangat dikaruniai.

2. Mengandung Hal Rohani

Setiap wanita mempunyai kandungan secara fisik dan pria tidak pernah mengalami fase yang satu ini. Tetapi semua orang Kristen baik pria maupun wanita memiliki kandungan secara rohani. Saya tidak menulis hanya karena saya sekedar mempunyai sebuah ide.

Lukas 1:31a

Sesungguhnya engkau akan mengandung.....

Maria mengerti bukan karena alasan tetapi karena pewahyuan. Demikian juga dengan kita.  Kita mengerti karena pewahyuan bukan karena sekedar alasan. Ada sesuatu yang besar dalam manusia rohmu.

Seringkali Iblis ingin menaruh benih yang negatif dalam kandungan rohanimu: ketakutan, kelemahan, kemisikinan, kegagalan dan kekuatiran. Tetapi Allah ingin menaruh benih kebenaran dalam rohmu.

  • - Ada Gereja dengan puluhan ribu orang dalam kandungan rohanimu.
  • - Ada Perusahaan yang besar yang ada dalamkandungan rohanimu.
  • - Ada kekayaan yang besar yang ada dalam kandunganrohanimu.
  • - Ada keluarga yang bahagia yang adadalamkandungan rohanimu.
  • - Ada kota-kota yang ada dalam kandungan rohanimu.

Mengandunglah dalam rohmu yang akan menjadi realita dalam masa depanmu.

3. Membawa Yesus ke dalam dunia

Lukas 1:31b

...akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.

Ada milyaran kelahiran di muka bumi ini, tetapi hanya satu kelahiran yang mengubah sejarah umat manusia. Itulah kelahiran Yesus Kristus. Hal paling utama dalam cerita Maria yang sedang mengandung adalah bayi yang dalam kandungannya.

Yesus adalah nama di atas segala nama. Didalam namaNya akan bertekuk lutut semua yang ada  di atas bumi dan di bawah bumi. NamaNya yang memberi  jalan, kebenaran dan kehidupan.

Bawalah Yesus ke tengah-tengah  keluargamu, pekerjaanmu, sekolahmu, pelayananmu maka Anda akan membawa kemustahilan itu menjadi realita dalam hidup Anda.

4. Memberkati Orang Lain

Tahukah Anda bahwa pola Allah adalah memberkati, baru kemudian memberi tugas.

  • Pada waktu penciptaan Allah memberkati Adam, dan setelah itu memberi tugas kepada Adam.
  • Pelayanan Yesus pun dilakukan dengan pola yang sama.

Yesus menyembuhkan orang , mengusir setan baru kemudian mereka yang sembuh dan terlepas mengikut Yesus dan dimuridkan!

Mungkin engkau bertanya: "Pak pendeta, apa yang saya dapat lakukan untuk memberkati banyak orang?"

Anda bisa mengunjungi yang sedang sakit, mentraktir makan temanmu, menjemputnya untuk datang ke komsel, mengirim kartu ulang tahun, mendoakannya, mendengar keluh kesah mereka/konseling, atau mempersiapkan ruang ibadah,

5. Melakukan dengan Kerelaan

Lukas 1:38

Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.

Kalau Anda mau melihat hal yang mustahil menjadi kenyataan maka Anda harus memiliki hati yang melayani.

  • Kerelaan memberi energi.
  • Kerelaan memberi strategi.
  • Kerelaan memberi kemampuan Surgawi.
  • Kerelaan membuat Anda sangat diberkati.

6.  Melakukan Perubahan

Sejak masa mengandung, maka kehidupan pun mengalami perubahan.  Baik secara fisik, emosi maupun kebiasaan mengalami perubahan.

Kalau Anda ingin melihat Kemustahilan menjadi Realita ... BERUBAHLAH! Kalau Anda adalah seorang yang membosankan, tidak punya teman, semua berusaha menghindar dari Anda, temanmu selalu tertidur saat bicara dengan Anda ... BERUBAHLAH! Anda mudah tersinggung, sakit hati , dendam dan lain-lain ... BERUBAHLAH! Pelayananmu tidak maju, kapasitas tidak bertambah, khotbahmu tidak disukai orang, orang-orang bukannya berdatangan ke dalam pelayanan, justru kabur. Apa yang harus dilakukan: BERUBAH! Kalau Anda tidak terorganisir atau sistematis ... BERUBAHLAH!

Belajar terus, kembangkan dirimu, dan lakukan perubahan yang diperlukan.

7. Membiarkan Orang Lain Mempengaruhimu

Lukas 1:39-43

Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda.   Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.  Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Maria datang mengunjungi Elisabet.

Kalau Anda ingin berhasil dalam studi, bergaullah dengan siswa terbaik. Kalau Anda ingin punya usaha yang maju, bergaullah dengan pengusaha yang berhasil. Kalau Anda ingin bertumbuh dalam hal rohani,  bergaullah dengan pemimpin rohani.

Pribadi terbesar yang dapat mempengaruhi kita adalah Yesus. Biarkan Yesus mempengaruhi hidupmu!

Halaman :
1

Ikuti Kami