Manajemen Kemarahan

Kata Alkitab / 14 July 2007

Kalangan Sendiri

Manajemen Kemarahan

Admin Spiritual Official Writer
15236

Apakah Anda pernah marah?  Disertai dengan mata yang memerah, wajah yang juga tidak kalah merahnya dan mulut yang bergetar? Jika Anda pernah mengalaminya, atau bahkan sementara Anda membaca artikel ini Anda sedang melakoni penggalan kalimat di atas, jangan tinggalkan tulisan ini dulu, karena sesuatu yang baik perlu Anda ketahui bahwa Anda adalah pribadi yang normal.

Kemarahan adalah perasaan kuat yang ditanamkan secara Ilahi sehingga dapat digunakan untuk maksud yang membangun atau sebaliknya merusak. Ketika seseorang dilecehkan, diabaikan, dikecewakan, disalah mengerti dan dihina, maka saat itu akan menjadi saat di mana sumbu panas yang menyala dan  mengalir keluar dari dalam dirinya akan menghasilkan ledakan kemarahan. 

Banyak orang bertanya dan mungkin pernah ada dalam benak pikiran Anda : Apakah marah itu adalah dosa? Apakah kemarahan bisa menolong? Apakah semua kemarahan adalah dosa?

Efesus 4:26
Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu
Matius 5:22
Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah  ( tanpa sebab ) terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.

Kemarahan tidak akan menjadi masalah jika alasannya Ilahi. Yang terpenting adalah apakah motivasi kemarahan Anda itu? Yesus adalah contoh yang tepat mengenai kemarahan yang benar.

Matius 21:12.
Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mengusir semua orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Ia membalikkan meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati 13 dan berkata kepada mereka: "Ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun."

Apakah Yesus punya kelemahan karakter?

Apakah Ia kehilangan penguasaan diri?

Apakah Yesus berdosa ?

Jawabannya : Tidak!!

Ada dua pelajaran yang kita bisa dapatkan dari cerita tersebut :

  1. Kemarahan adalah ekspresi kasih jika alasannya benar. Yesus mempunyai alasan yang tepat ketika Ia marah. Yesus ingin menjaga nilai-nilai yang benar dalam rumahNya.
  2. Kemarahan itu bukan perasaan yang berdosa. Semua perasaan adalah pemberian Tuhan. Tidak ada piano yang buruk bunyinya, tetapi pemainnya yang buruk memainkannya. Setiap bayi lahir dalam dunia ini dengan emosi kemarahan. Jika Anda terlambat memberikan ia susu, maka nantikanlah beberapa saat lagi ia akan menangis keras yang menandakan bahwa ia marah atas keteledoran Anda itu. Hmmm...bagaimana jika ia telah berumur 30 tahun? Ia seharusnya menguasai kemarahannya dong..
     

ADA DUA JENIS KEMARAHAN YANG DAPAT MERUSAK :

1.   KEMARAHAN YANG TIDAK TERKENDALI

Kemarahan yang tidak terkendali adalah dosa. Biasanya dosa selalu menghasilkan hal-hal yang buruk misalnya, memukul tembok sampai tangan berdarah, menendang mobil sampai penyok, mengeluarkan perkataan kasar dan kotor. Para dokter mengatakan bahwa kemarahan yang tidak terkendali melepaskan racun-racun kimia yang menyebabkan penyakit seperti kanker dan jantung. Kemungkinan orang yang marah terkena stroke lebih besar daripada orang yang damai hatinya. Kemarahan juga mengakibatkan penyakit maag. Ketika Anda marah, Anda berdosa karena anda mendatangkan penyakit yang akan membunuh diri Anda sendiri. Kemarahan yang tidak terkendali akan menghancurkan masa depan Anda.

Musa, setelah menyelesaikan petualangannya memimpin umat Israel akhirnya tidak dapat masuk ke tanah perjanjian hanya karena marah. Ia marah dan akhirnya membunuh orang Mesir, Ia marah dan menghancurkan loh batu, Ia marah dan memukul batu karang yang seharusnya menurut perintah Tuhan, Musa cukup berbicara kepada gunung batu itu. Masih di bagian awal kisah yang ada dalam perjanjian lama, Alkitab. Kain menghancurkan masa depan hidupnya karena kemarahan yang berujung pada pembunuhan terhadap adik kandungnya sendiri, Habel. Apakah ini kebetulan atau tidak, tetapi mungkin Anda bisa mengambil hikmahnya, Anger (marah)  hanya satu huruf lebih pendek dari Danger (bahaya).

2. KEMARAHAN YANG SALAH ARAH

Kapan kemarahan itu menjadi salah arah? Jawabannya ialah ketika Anda marah tanpa sebab yang pasti. Adalah salah saat Anda menjadi pahit hati dan benci sehingga mengucapkan kata-kata yang penuh kebencian kepada orang lain.

Amsal 15:18.
Si pemarah membangkitkan pertengkaran, tetapi orang yang sabar memadamkan perbantahan.
Amsal 21:19.
Lebih baik tinggal di padang gurun dari pada tinggal dengan perempuan yang suka bertengkar dan pemarah.

Anda tidak inginkan mengakhiri bacaan ini tanpa menyelesaikannya untuk menemukan solusi dari hal di atas. Tidak ada yang salah jika Anda harus sedikit lebih rohani di antara komunitas Anda. Sementara banyak orang mencari solusi menurut pemikiran-pemikirannya sendiri, namun Anda telah menemukan jawaban yang pasti melalui firman yang berasal dari Tuhan. Bagaimana Anda dapat mengendalikan kemarahan yang tidak terkendali dan salah arah :

1. PENUH DENGAN ROH

Galatia 5:22
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. 24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. 25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,

2. BELAJAR UNTUK MEMAAFKAN

Amsal 19:11.
Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran.
Amsal 16:32
Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

Apakah seseorang pernah melukaimu 10 tahun yang lalu dan Anda sulit melupakannya?  Belajarlah memaafkan. Dipastikan Anda akan bahagia.

"Pernikahan yang bahagia menuntut seorang suami yang tuli dan seorang istri yang 'buta' terhadap pelanggaran pasangannya."

3. JANGAN BERTEMAN DENGAN ORANG YANG LEKAS MARAH

Amsal 22:24.
Jangan berteman dengan orang yang lekas gusar, jangan bergaul dengan seorang pemarah, 25 supaya engkau jangan menjadi biasa dengan tingkah lakunya dan memasang jerat bagi dirimu sendiri.

Firman di atas adalah bentakan keras bagi Anda jika Anda tidak ingin salah. Jangan bergaul dengan orang yang mudah marah dan jangan pacaran dengan orang yang mudah marah.

4. BELAJARLAH TERTAWA

Nehemia 8:10c
Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena TUHAN itulah perlindunganmu (kekuataanmu)!"
Tidak heran banyak program TV yang bertemakan humor itu menjadi idola para penggemar acara-acara TV. Salah satu program talk show yang dikemas dengan nuansa humor, "Empat Mata", yang tayang disalah satu TV swasta di Indonesia mendapatkan rating tertinggi di pertengahan tahun 2007 ini. Dipastikan orang yang menonton acara tersebut pasti tertawa, lepas dari pesan apa yang dibawakannya. Tertawa adalah obat penawar kemarahan yang tidak terkendali dan salah arah. Bahkan tertawa bisa menjadi obat bagi kesehatan.
Amsal 17:22.
Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

Ilmu kedokteran berkata bahwa tertawa akan melepaskan suatu enzim dalam tubuh yang dapat menyembuhkan (detik.com). Mulailah hari ini untuk menjadi manajer yang baik bagi diri Anda sendiri. Dan mulailah mengelolah kemarahan Anda hari ini. 

Sumber : hm
Halaman :
1

Ikuti Kami