Jakarta, Kota Terpolusi Ketiga Dunia

Nasional / 13 July 2007

Kalangan Sendiri

Jakarta, Kota Terpolusi Ketiga Dunia

Rosphyta Official Writer
6721

Kota Jakarta berada di urutan ketiga untuk kategori kota terpolusi di dunia. Pesatnya jumlah kendaraan baru dan masih banyaknya kendaraan tua dituding menyumbang polutan terbanyak. Saat ini terdapat lebih dari 7 juta kendaraan melintas di jalan-jalan Jakarta. Sementara 1.500 unit kendaraan baru telah didaftarkan di Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Sayangnya, penambahan kendaraan baru ini tidak diimbangi penurunan pemakaian kendaraan yang termasuk dalam kategori tua. Pemerintah Daerah DKI pernah mengusulkan pemberlakuan batas usia kendaraan yang disambut beragam oleh masyarakat.

Demikian pula dengan dua calon Gubernur DKI Jakarta yang menanggapi persoalan itu. Fauzi Bowo mengatakan umur kendaraan harus dilihat dari perspektif pengendalian pencemaran udara lewat uji gas emisi. "Bila kendaraan tersebut lulus tes maka tidak ada masalah," tambah Bowo.

Sementara Adang Darajatun memandang pembatasan pemakaian kendaraan tua bukan menjadi solusi. Menurut Adang, masalah ini menjadi kewajiban Dinas Perhubungan untuk memeriksa dari proses teknis. "Tugas Dishub adalah memeriksa mesin harus berjalan dengan baik dan jangan sampai mengeluarkan polusi," ungkap Adang kepada wartawan SCTV, belum lama ini.

Membebaskan Jakarta dari polusi hampir mustahil direalisasikan. Tetapi kebijakan mereduksi polusi di Jakarta pasti didukung warga. Gelar kota terpolusi nomor tiga di dunia pun harus segera dapat dihapus.(YNI/Tim Liputan 6 SCTV)

 

Sumber : Liputan6.com
Halaman :
1

Ikuti Kami