Belajar Mendengarkan

Kata Alkitab / 13 July 2007

Kalangan Sendiri

Belajar Mendengarkan

Admin Spiritual Official Writer
6898

Semakin tinggi kepemimpinan seseorang, semakin banyak pula orang yang harus ditemui dan hal-hal yang harus dikerjakan. Seorang pemimpin tidak mungkin mengerjakan segala sesuatunya sendirian. Ia membutuhkan bantuan dari orang lain. Sebelum minta tolong atau menyuruh orang lain, maka sebagai pemimpin ia harus lebih dahulu menyentuh hatinya, agar sewaktu melakukan apa yang diminta bisa mengerjakan dengan senang hati dan sungguh-sungguh, dan nantinya bisa terjadi hubungan yang baik.

Untuk menyentuh hati seseorang, seorang pemimpin harus bisa mendengarkan apa yang ada dihati orang lain. Mendengarkan bukan sekedar mengetahui apa yang disampaikan secara verbal dan kelihatan (tersurat) tapi juga yang tersirat (apa yang tidak tampak). Untuk mendengarkan diperlukan kemampuan  yang besar, kesabaran, ketulusan dan waktu. Setiap manusia pada dasarnya suka didengarkan dan senang jika dipahami oleh orang lain. Maka kemampuan mendengar adalah satu hal penting yang harus menjadi gaya hidup kita.

Siapa yang harus Anda dengarkan ?

  • 1. Orang terdekat Anda

      Sediakan waktu untuk bersama dengan keluarga Anda, anak, pasangan dan sahabat terdekat Anda, dengarkan keluh kesah mereka.

  • 2. Orang yang Anda mentor/ bawahan Anda

Sediakan waktu utuk mendengar masukan dan keluhan orang-orang yang menjadi bawahan Anda. Mintalah masukan mereka untuk kemajuan perusahaan.

  • 3. Perusahaan lain/pesaing Anda

Jangan hanya mendengar tentang hal yang buruk tentang pesaing Anda, tetapi juga dengarkan inovasi yang mereka buat dan belajarlah dari kemajuan mereka.

  • 4. Mentor Anda

Dengarkan apa yang dikatakan orang-orang yang lebih dahulu berhasil daripada Anda dan belajarlah dari pengalaman mereka.

Cara mudah untuk menjadi seorang pendengar

•1.      Prioritas

Bagaimana kemampuan  Anda mendengar? Apa selama ini Anda sibuk mengurusi  kepentingan Anda sendiri dan tidak punya waktu untuk mendengarkan orang lain? Buatlah komitmen untuk menghabiskan waktu untuk mendengarkan orang lain setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan.

 

•2.      Bertanyalah

Temui orang apa adanya, tanyakan 4-5 pertanyaan tentang dirinya sebagai individu. cari kesamaan dengan mereka.

 

•3.      Dengarkan maksud yang tersembunyi

Untuk meningkatkan kemampuan mendengar, lakukanlah hal berikut. Lihatlah mata lawan bicara, perhatikan ekspresi wajahnya, tekanan suaranya. Condongkan tubuh Anda kedepan ketika bicara, antusiaslah, dan menyatulah dengan mereka. Tertawalah jika mereka tertawa, dan menangislah jika mereka menangis.

 

•4.      Latihlah setiap hari

Jangan berhenti mencoba. Belajarlah dari kesalahan Anda dan teruslah mencoba setiap hari. Anda pasti bisa.

Halaman :
1

Ikuti Kami