Berubah!

Single / 5 July 2007

Kalangan Sendiri

Berubah!

prisca Official Writer
6949

Siapakah history maker? Pasti yg terlintas dipikiran kita adalah seorang pahlawan nasional. Ternyata yang bisa jadi pembuat sejarah tidak hanya pahalawan nasional loh. Kalo kita baca Alkitab, kita bakal temuin ada banyak kisah hidup orang-orang yang jadi pembuat sejarah dan sampai sekarang masih diingat. Sebut saja, Abraham, yang jadi nenek moyang banyak bangsa. Yakub, yang jadi nenek moyangnya orang Israel. Musa, yang sampai sekarang hukum-hukumnya masih ditaati sama orang Israel. Daud, yang jadi nenek moyangnya Yesus. Belum lagi murid Yesus, yang bikin dunia jungkir balik karena Injil. Atau Paulus, yang sampai sekarang ajarannya masih kita pakai sebagai dasar gereja.

Tidak hanya mereka saja yang jadi pembuat sejarah. Di abab 20 ini juga ada orang-orang yang bikin perubahan dan sampai sekarang masih diinget. Kalau kita pernah baca buku ada Roberts Liardon, Mengapa Mereka Berhasil dan Sebagian Gagal atau bukunya Dr. Lester Sumrall The Pioneers of faith. Kalau diperhatikan baik-baik, orang-orang yang bikin sejarah itu, cuma orang-orang biasa kayak kita. Abraham, Yakub, Musa itu kan hanya gembala domba. Murid-murid Yesus cuma nelayan. Smith Wigglesworth itu tukang ledeng. Charles Seymour itu bekas budak. Tapi kenapa mereka bisa bikin perubahan yang sampai sekarang masih dikenang orang?

Jawabannya karena mereka sudah berubah duluan. Kalau kita baca kisah hidup mereka, kita bakal melihat kalau sebelum mereka bikin perubahan, Tuhan lebih dulu bikin perubahan dalam hidup mereka. Dan butuh waktu. Tidak sebentar loh waktu yang dibutuhin supaya mereka berubah. Tapi mereka mau taat jalanin prosesnya dan hasilnya? Mereka bikin perubahan besar. So kalau kamu ingin bikin perubahan besar di lingkungan kamu, pastiin dulu kalau kamu sendiri sudah berubah. Dan taat jalanin prosesnya. Inget kamu tidak tahu apa yang akan terjadi dengan kamu di masa depan, jadi tetaplah setia dalam perkara kecil, dan Tuhan akan kasih perkara yang besar. Punya mimpi buat perubahan? Atau punya mimpi bikin sesuatu yg baru di Indonesia? Atau di dunia?

Tidak salahnya punya mimpi besar. Alkitab mengajarkan kalau para pahlawan iman yang ada di Alkitab mulainya juga karna punya mimpi dulu. Coba kalau Daud tidak punya mimpi untuk bangun bait Allah, tidak bakalan ada Bait Allah Salomo.  Kalau Musa tidak punya mimpi buat jadi pembebas bangsa Israel, tidak bakalan ada cerita keluarnya bangsa Israel dari Mesir. Kalau para rasul tidak punya mimpi buat melihat bumi penuh kemuliaan Tuhan, kita mungkin sekarang belum jadi orang Kristen.

But guys, punya mimpi aja tidak cukup. Kita kudu bertindak tidak hanya bengong saja atau hanya melamun, tapi bikin suatu tindakan buat mimpi menjadi nyata dan kamu akan menjadi pembuat sejarah untuk hidup banyak orang. Let's Make Change! (ang)

 

Sumber : Majalah Get Fresh #79
Halaman :
1

Ikuti Kami