Ketombe? No Way!!

Solusi Sehat / 27 June 2007

Kalangan Sendiri

Ketombe? No Way!!

Lestari Endah Putranti Official Writer
11190
Ketombe sering membuat seseorang jadi tidak pede. Awal terjadinya ketombe dimulai karena terlalu cepat tumbuh dan matinya sel-sel kulit kepala di lapisan paling luar yang disebut Stratum Korneum.

Faktor-faktor yang dihubungkan sebagai pemicu ketombe yaitu alergi terhadap jenis-jenis makanan tertentu, sering berkeringat secara berlebihan, cuaca (panas maupun dingin), penggunaan shampoo atau sabun yang bersifat terlalu basa, ketidak seimbangan hormon tertentu, kelelahan, kurang tidur dan sebagainya.

Berikut ini beberapa cara yang mungkin dapat membantu Anda menghilangkan ketombe:

Keramas setiap hari

Membersihkan rambut setiap hari merupakan cara yang paling mudah. Karena dengan rajin keramas, minyak dan serpihan dari kulit kepala Anda akan terbuang.

Membilas dua kali

Setiap keramas usahakan dua kali membilasnya. Bilasan pertama ditujukan untuk membersihkan timbunan minyak dan serpihan-serpihan di rambut dan kulit kepala Anda. Bilasan kedua setelah 5-10 menit shampo dipakai usahakan disertai pijatan sehingga zat aktif shampo dapat menembus sel-sel kulit dan menjalankan fungsinya.

Mengganti shampo

Gantilah shampo anti ketombe yang Anda gunakan jika shampo tersebut tidak efektif menghilangkan ketombe. Carilah shampo anti ketombe yang mengandung bahan aktif Pyrithione Zinc, Selenium Sulfida, Sulfur  atau Asam Salisilat.

Jangan menggaruk-garuk kulit kepala

Kepala terasa amal gatal saat berketombe. Namun Anda harus berusaha agar tidak menggaruk-garuk kulit kepala. Mengapa? Karena garukan kuku -kuku jari secara berulang-ulang dapat membuat kulit kepala Anda terluka. Bila terluka, kondisi akan semakin parah. Karena kuman-kuman bisa ikut meramaikan suasana. Akibatnya , kulit kepala Anda akan terinfeksi.

Segera keringkan keringat

Jangan membiarkan diri berlama-lama dengan keringat. Karena keringat yang dikeluarkan oleh tubuh Anda dapat menggangu kulit kepala dan mempercepat proses pelepasan sel-sel kulit kepala.

Hindari stres

Stres yang dialami seseorang ternyata memiliki pengaruh terhadap proses pelepasan sel-sel kulit kepala. Jadi sedapatnya hindarilah stres dalam kehidupan Anda.

Konsumsi cukup vitamin.

Vitamin A,B,E diyakini mampui membuat kondisi kulit kepala menjadi nyaman dan aman dari ketombe. Perbanyaklah mengkonsumsinya, terutama yang alamiah. Misalnya, dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran seperti kubis, wortel, kecambah.

Selamat mencoba, bila masih belum berhasil jangan ragu untuk datang ke dokter, terutama dokter ahli kulit.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami