Tammy

Official Writer
6314


Dua film yang mengambil latar belakang tsunami Aceh diproduksi. Film berjudul "Mencari Jati Diri" dan "Mandiri Pasca Tsunami" merupakan film Aceh pertama yang dibuat setelah bencana alam gempa dan tsunami melanda Aceh pada 26 Desember 2004. Film itu dibintangi sejumlah artis terkenal, seperti Nova Eliza, Edis Adelia, Dewi Imas, Bembeng dan bintang cilik Rivat Sungkar.

Sutradara film "Mencari Jati Diri" dan "Mandiri Pasca Tsunami" M Rizani, di Banda Aceh, menjelaskan film tersebut mengisahkan realitas kehidupan sosial masyarakat Aceh, khususnya para korban gempa dan tsunami setelah mereka kehilangan harta dan keluarga akibat bencana alam itu. "Skenario film yang menceritakan kisah nyata kehidupan masyarakat Aceh sebelum dan sesudah tsunami itu pada awalnya ditulis almarhum Ricky Machmud, dan dilanjutkan oleh Siswanto Barrio," tambahnya. Lebih lanjut, Rizani, menjelaskan cerita dari kedua film tersebut mengangkat upaya masyarakat dan keluarga mereka setelah tsunami melanda wilayah ini. "Kita mencoba mengangkat isu 'pemberdayaan' dengan tujuan agar para korban tidak terus larut dalam trauma bencana," tambahnya. Film tersebut juga memotret trauma masyarakat pasca tsunami.

Proses pembuatan film tersebut sudah dimulai sejak Agustus 2006 dan diperkirakan akhir November 2006 pengambilan gambar di lapangan usai, tambah Rizani. Film tersebut merupakan produksi bersama kerjasama Vedio Production dengan Satuan kerja (Satker) Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias. Lebih lanjut, Rizani, menjelaskan tujuan cerita tersebut adalah ingin mendorong masyarakat agar tidak lagi apatis. Film itu juga menyorot penimpangan dalam penyaluran bantuan kemanusiaan kepada pengungsi korban tsunami, seperti penyimpangan pemberian data ditingkat paling bawah, sehingga bantuan tidak merata.

Sebagian besar lokasi pengambilan gambar untuk dua buah judul film itu adalah desa-desa yang tertimpa tsunami seperti Kajhu, Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar dan Ulee Lhue Kota Banda Aceh. "Kita berharap dua film yang digarap di Aceh dengan melibatkan puluhan figuran lokal itu mampu masuk nominasi FFI, seperti film Cut Nyak Dhien karya Eros Djarot," kata Yusran. Film "Mandiri Pasca Tsunami" dibintangi sejumlah artis terkenal seperti Edis Adelia, Bram Aceh, Rendra, Anton, Putra, Rivat Sungkar, Beng-Beng dan Arifin. Sementara film "Mencari Jati Diri" melibatkan enam artis nasional yakni Nova Eliza, Robby, Cristine, Dewi Imas dan Putra.




Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7235

Kanan Agustus