Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Fifi

Official Writer
3146


Pelajaran Gaya Hidup
Kevin Leman : Siapa Mengontrol Siapa?


Apakah Anda seorang yang suka memegang kendali atau seorang toleran? Bagaimana orang yang anda cintai bisa berada dalam satu kategori yang sama? Ikuti kuis ini dan temukan siapa diri Anda. Bersiaplah untuk menerima nasehat yang serius dari Kevin Leman.

Seorang Pengendali dan Seorang Toleran Sering Menikah

Seperti yang saya katakan, dua gaya hidup yang saya nasehati kebanyakan adalah seorang pengendali dan seorang yang toleran, dan ada alasan yang sederhana untuk hal ini. Seorang pengendali seringkali menikahi seorang yang toleran (kelaziman yang kuno, dimana satu pribadi menarik pengaruh pribadi lawannya) dan kemudian seorang pengendali, lebih sering daripada tidak, memberikan seorang toleran waktu-waktu yang buruk dalam hidupnya. Secara tipikal, suami biasanya adalah seorang pengendali dan seorang istri adalah seorang toleran, namun ada kasus dimana kebalikannya yang terjadi.

Amat sukar untuk membuat seorang suami pengendali bisa masuk ke kantor saya untuk melakukan konseling karena mereka (pria) yakin bahwa istri-nyalah satu masalah bagi mereka dan tidak ada yang salah dengan hidup mereka (kaum pria). Namun ketika seorang pria pengendali akhirnya bersedia untuk datang dan bercakap-cakap dengan saya, mereka menunjukkan warna "pikiran" mereka dengan segera. Saya mendengar pernyataan umum yang dimiliki seorang pengendali seperti ini : "Aku hanya membuat perhitungan ketika aku yang berwenang dalam satu hal. Apa yang aku katakan tidak berlaku lagi ketika aku pergi dari situ".

Untuk menolong klien saya mengakui ketika seseorang yang mereka nikahi atau kencani adalah seorang yang punya sifat suka mengendalikan, saya mengembangkan kuis berikut ini. Karena kebanyakan seorang pengendali adalah pria, pernyataan (yang dibuat Leman) berikut ini digunakan dengan kata ganti yang maskulin.

Rambu Petunjuk Seorang Pengendali

Bacalah setiap pernyataan dan nilai 4 untuk selalu, 3 untuk sering, 2 untuk sesekali dan 1 untuk jarang.

____1. Dia cenderung seorang pengkritik -- seorang perfeksionis pencari kesalahan dengan standar tinggi untuk dirinya sendiri atau juga untuk orang lain.
____2. Dia menemukan kesulitan untuk mentertawakan dirinya sindiri, terlebih ketika dia mungkin melakukan atau mengatakan sesuatu yang janggal atau salah.
____3. Dia menjatuhkan atau merendahkan orang lain dengan humor yang halus atau yang blak-blakan.
____4. Dia mempunyai kelemahan atau keburukan dalam hal hubungan dengan sang ibu (atau wanita lain yang telah, sedang atau menjadi bagian hidupnya, saudarinya atau juga atasannya).
____5. Dia mempunyai komplain tentang figur otoritas yang dianggapnya "tidak mengetahui apa yang mereka lakukan" (majikan, guru, pendeta, atau bahkan presiden).
____6. Dia adalah seseorang pesaing yang selalu harus menang dalam olahraga dan juga permainan lainnya.
____7. Dia menentukan jalan, halus atau kasar, tentang bagaimana Anda berdua akan melakukan sesuatu atau apa yang harus dilakukan.
____8. Dia lebih suka untuk menjalankan sendiri pertunjukan daripada menjadi bagian dari suatu team permainan ~ dalam pekerjaan, perkumpulan atau juga situasi yang berhubungan dengan keluarga dan rekan-rekannya.
____9. Dia sulit mengatakan "Saya yang salah" atau mengatakan permohonan maaf yang akan membuat dia terlihat baik walau di keadaan sengsara atau sulit.
___10. Dia kehilangan wataknya (menaikkan nada suaranya, mengeluarkan teriakan atau kata-kata serapah).
___11. Dia dapat melakukan tindakan fisik (mendorong, memukul seseorang atau meninju sesuatu)
___12. Dia membuat seseorang menghitung untuk setiap sen yang orang itu keluarkan sementara dia sendiri lebih bebas menghamburkan sesuatu.
___13. Seks menjadi dua hal yang Anda lakukan untuknya, untuk kesenangan dan juga untuk keyakinan dirinya.
___14. Ketika dia meminum alkohol, meski dalam jumlah yang sedang (tidak banyak), ia akan menjadi seorang pribadi yang berbeda sama sekali.
___15. Dia membuat kelonggaran terhadap tindakan "minum" yang terlalu banyak.

Tidak ada kuis seperti ini yang dapat terbukti mutlak, namun itu dapat memberikan Anda beberapa kunci yang mungkin menolong Anda menganalisa hubungan Anda dengan pasangan Anda.

Jika skor rating yang Anda dapatkan terhadap pasangan Anda berada antara 50 hingga 60, maka ia (pasangan Anda) adalah seorang yang super pengendali - dimana dibutuhkan seorang konselor profesional untuk konsultasi - itupun jika ia mendengarkan!. Jika Anda ikut serta dalam test ini dan melihat skor tentang hubungan Anda bersama tunangan dan didapat skor Anda antara 50-60, saran saya adalah kembalikan cincin pertunangan dan berlari darinya.

Jika Anda menghitung skor bersama suami atau tunangan antara 40 hingga 49, maka pasangan Anda adalah tipe pengendali, yang mungkin masih terbuka untuk dikonfrontasi dan diminta untuk mengubah sikapnya.

Jika Anda menghitung skor hubungan dengan suami atau pasangan Anda dan nilainya antara 30 hingga 39, maka dia sebenarnya adalah seorang yang adil dan seimbang yang dapat mengendalikan dalam satu hal namun fleksibel dalam hal yang lain.

Jika Anda mengukur nilai suami atau tunangan bernilai kurang dari 29, maka Anda yang harus mengecek tentang diri Anda. Jika Anda tidak membuat penilaian yang salah, maka Anda mungkin mempunyai pasangan satu dari beberapa orang yang amat toleran dan longgar. Namun ambillah waktu sejenak melihat jika dia memberi nilai lebih dari 2 pada pertanyaan 10, 11, 12, 13, 14 berikut ini. Semua nasehat ini merupakan kebutuhan tingkat tinggi terhadap kontrol, maupun dominasi dengan kekerasan dan kesewenang-wenangan.

Rambu Petunjuk Seorang Toleran

Pernyataan berikut ini dipakai dengan kata ganti feminim (bahasa inggris : she, her) karena kebanyakan mereka yang toleran adalah kaum wanita. Skor 4 untuk selalu, 3 untuk seringkali, 2 untuk beberapa kali dan 1 untuk jarang.

____1. Dia selalu berjalan dalam jalur tertentu dalam usahanya membuat setiap orang senang.
____2. Dia ingin tahu mengapa dia tidak dapat melakukan sesuatu hal dengan benar.
____3. Dia merasa tidak aman, kekurangan keyakinan diri.
____4. Ayahnya adalah seorang yang otoriter.
____5. Dia menolak berkonfrontasi dengan orang lain karena menganggap "tidak pantas melakukan itu".
____6. Dia seringkali terdengar mengatakan : "Saya seharusnya sudah..." atau "Saya mestinya ...."
____7. Dia merasa amat kuat dengan pasangan atau bahkan bersama dengan anaknya.
____8. Dia mendapatkan sedikit kasih sayang dari orang lain.
____9. Dia merasa seperti bersembunyi atau lari dari percekcokan.
___10. Pasangan dan anak-anaknya mengetahui jurus untuk memaksa perasaan bersalahnya timbul.
___11. Dia berpura-pura setuju atau mendukung meski dia merasa ada pertentangan di hatinya.
___12. Dia mudah dibujuk oleh orang lain dan akan pergi dengan siapapun sepanjang ia dapat berbicara dengan orang lain.
___13. Dia takut mencoba hal yang baru atau mengambil yang baru yang beresiko.
___14. Adalah memalukan baginya untuk berdiri mempertahankan pendapat atau mengambil inisiatif.
___15. Dia mendapatkan sedikit rasa hormat dari pasangan dan anak-anaknya.

Pasangan yang dinilai mempunyai skor antara 50 hingga 60 mungkin digolongkan sebagai seorang toleran yang super menderita, yang dapat dengan mudahnya berada dalam tangan seorang misogynist (pembenci wanita). Seorang toleran seperti ini juga membutuhkan nasehat konselor profesional.

Siapa saja yang mempunyai nilai 40 hingga 49 adalah seorang toleran yang kecil hati atau toleran depresif yang masih ada harapan jika ia bersedia mengambil tindakan atau mengkonfrontasi suami atau pasangannya.

Siapa saja yang mempunyai nilai 30 hingga 39 berada di nilai tengah kaum toleran. Nilai positif dalam hidupnya sebesar nilai negatifnya, namun dia tetap menerima sedikit penghormatan, terlebih dari pihak keluarganya.

Siapa yang berada dalam skor 29 atau kurang masuk dalam kategori pribadi "toleran yang positif". Mereka dapat menyeimbangkan karunia alami yang dimiliki dengan kemampuan menerima cinta, dukungan dan penghormatan yang mereka inginkan dan butuhkan.

Bagaimana keluar dari keadaan yang menimbulkan banyak kerugian Anda jika Anda masuk dalam kategori seorang pengendali atau seorang toleran yang kuat?. Tulisan kedua akan memaparkan nasehat dari Kevin Leman bagi situasi relasi hubungan Anda dengan suami atau pasangan Anda.

Bersambung Bagian 2.

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer

Sarif Poltek 22 August 2019 - 21:37:34

Seorang nelayan berada di permukaan laut dengan p.. more..

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7273

Banner Mitra Agustus Week 3