Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

fifi

Official Writer
3970


Sehabis menikah tentunya banyak hal yang harus dipikirkan. Salah satunya adalah memikirkan masalah keuangan. Nah, membicarakan masalah yang satu ini, pastinya tak lepas dari istilah rekening bersama. Rekening bersama adalah rekening yang dimiliki atas nama dua orang, di mana kedua pemilik sama-sama punya hak untuk menarik uang tersebut.
Selain itu bisa juga digunakan rekening yang diatas namakan hanya pada satu orang, namun bisa diambil untuk keperluan bersama.

Apa tujuan punya rekening bersama?
Ini dia pertanyaan intinya. Ada banyak alasan mengapa orang termotivasi untuk membuka rekening bersama. Pertama adalah keinginan untuk meningkatkan rasa kebersamaan di antara mereka melalui sesuatu yang dimiliki sama-sama. Selain itu, rekening ini biasanya dibuka karena suami-istri itu memiliki tujuan bersama yang hendak diraih di masa depan. Tujuan ketiga adalah keperluan sehari-hari sementara yang terakhir adalah untuk mengontrol pengeluaran salah satu diantara mereka.

Namun sayangnya membuka rekening bersama bisa juga menjadi pemicu konflik dalam rumah tangga. Kondisi ini biasanya terjadi apabila salah satu pihak menggunakan uang dalam rekening itu di luar kesepakatan bersama. Kalau Anda memang tertarik untuk membuka rekening bersama, sebaiknya sebelum melakukannya, perhatikan dulu hal-hal berikut ini :

1. Diskusikan dengan pasangan mengenai apa sebenarnya tujuan membuka rekening bersama. Selain itu bicarakan pula mengenai rencana ke depan, jika ternyata Anda berdua memang harus berpisah, Apa yang harus dilakukan dengan rekening tersebut.

2. Konfirmasikan sekali lagi untuk keperluan apa uang dalam rekening itu akan digunakan.

3. Bicarakan siapa yang akan memasukkan uang ke dalam rekening tersebut dan berapa besarnya. Apakah pasangan Anda saja, atau patungan. Jika dilakukan secara patungan, tentukan pula berapa persen komposisinya agar adil dan merata.

4. Bila rekening bersama itu digunakan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran bulanan, maka saldo uang yang ada dalam rekening bersama sebaiknya sebesar minimal sebulan pengeluaran rutin mereka.

5. Jika Anda sudah memiliki rekening bersama, dianjurkan untuk melakukan evaluasi setiap bulan terhadap pengeluaran-pengeluaran yang telah dilakukan. Anda bisa mengeceknya dengan rekening koran yang dikeluarkan bank.

6. Bersiaplah untuk menghadapi keadaan terburuk, yaitu penggunaan uang yang tidak sesuai kesepakatan. Jika memang harus terjadi demikian, sebaiknya tetaplah hadapi dengan kepala dingin. Jangan sampai karena masalah uang, rumah tangga Anda harus hancur berantakan.

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fadhila Eka 21 July 2019 - 20:08:48

nilai dari 5 pangkat negatif 4 dikali 5 pangkat ne.. more..

0 Answer

Wahyudi Triwiyanto 21 July 2019 - 04:17:26

Persistensi Amanat Agung

0 Answer

adrian 18 July 2019 - 21:48:14

Hutang

0 Answer


Marlina - 21 July 2019 - 15:09:28
Saya Marlina saat ini saya sedang terlilit hutang ... more..

Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Testify Juli Week 3


7272

Banner Fun Run Juli week 3