Pikir Masak Sebelum Menunda Kehamilan

Marriage / 17 December 2005

Kalangan Sendiri

Pikir Masak Sebelum Menunda Kehamilan

Fifi Official Writer
6112
Tidak semua pengantin baru ingin segera punya momongan. Ada yang sengaja menundanya dengan berbagai alasan. Nah, sebelum memutuskan untuk menunda memiliki momongan sebaiknya Anda dan pasangan mempertimbangkannya terlebih dahulu. Hal ini karena banyak aspek yang mungkin timbul akibat penundaan tersebut.

Biasanya, apa saja sih alasan umum yang biasa dipakai oleh pasangan ini untuk menunda kehamilan?

Belum siap finansial
Uang memang bukan segalanya, tapi dalam soal menunda momongan justru alasan inilah yang cukup banyak dipakai oleh pasangan. Hal ini karena mereka beranggapan bahwa uang dapat menjamin kestabilan rumah tangga dan kehamonisan keluarga. Apalagi jika bicara tentang harga susu dan biaya pendidikan yang melambung tinggi.

Demi karir
Alasan karir juga sering digunakan oleh pasangan yang ingin berkonsentrasi dulu pada pekerjaan. Pertimbangannya, kehamilan yang terjadi di awal pekerjaan cenderung akan menyulitkan proses adaptasi dalam bekerja.

Belum siap mental
Banyak pasangan yang beranggapan bahwa untuk memiliki anak dibutuhkan kesiapan mental. Apalagi bagi pasangan yang masih memiliki persoalan berat dalam keluarga sehingga sampai mengganggu kesehatan jiwa dan keseimbangan mental. Jadi, rencana memiliki momongan harus ditunda sampai persoalan tersebut terselesaikan.

Namun jangan gegabah mengambil keputusan tersebut. Ada banyak hal yang perlu diperhitungkan pada saat pasangan akan menunda kehamilan?

  • Usia perempuan
Usia yang paling tepat untuk hamil adalah 20-35. Jika melebihi 35 tahun, risiko kehamilan dan kelahiran akan lebih tinggi. Memang, tak semua orang berisiko tinggi, tetapi secara rata-rata, kehamilan di atas 35 tahun tergolong kehamilan risiko tinggi.

  • Kondisi kesehatan
Sebaiknya seorang perempuan memiliki kondisi yang fit ketika hamil. Jika terdapat kendala kesehatan dan usia masih memungkinkan untuk ditunda, ada baiknya kondisi tubuhnya disehatkan terlebih dahulu.

  • Faktor keturunan
Jika suami dan istri berasal dari keluarga kecil yang sama-sama susah memiliki anak, sebaiknya tidak menunda kehamilan. Bisa jadi, pasangan ini juga memiliki kecenderungan lama memiliki anak, kan? Jika usia semakin mendekati masa kritis, peluang punya anak juga semakin kecil.
Halaman :
1

Ikuti Kami