Rencanakan Sebaik Mungkin

Single / 17 December 2005

Kalangan Sendiri

Rencanakan Sebaik Mungkin

Fifi Official Writer
4395
Hari pernikahan adalah saat-saat yang paling berkesan dalam hidup kita. Bukan saja pada hari itu kita akan menjadi raja dan ratu sehari, tetapi juga merupakan langkah awal dalam menapak perjalanan panjang menuju kebahagiaan bersama pasangan yang kita cintai. Tentunya para calon pengantin berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mempersiapkan segala sesuatu demi kelancaran pada hari pernikahan, namun mungkin saja ada yang terlewatkan. Tentu saja kita ingin momen ini menjadi sesuatu yang sempurna, indah, dan bahagia.

Lalu bagaimana mempersiapkan berbagai keperluan pernikahan? Mempersiapkan pesta pernikahan memang sangat sibuk. Tak jarang banyak pasangan yang mengalami kesulitan dan bingung dalam mempersiapkan pernikahannya. Memang sebaiknya pernikahan tidak direncanakan secara mendadak, tetapi dipikirkan jauh hari sebelumnya, agar pada hari H semuanya berjalan dengan lancar. Persiapan pernikahan tentulah memakan waktu yang tidak sedikit. Pasangan yang bekerja sering merasa kesulitan untuk mempersiapkan pernikahannya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda simak untuk mulai mempersiapkan pesta pernikahan Anda.

Memilih tanggal pernikahan
Tentukan kapan Anda akan menyelengarakan pesta pernikahan Anda. Ada baiknya jika Anda memilih dua tanggal yang cocok sebagai pilihan. Penting memiliki backup tanggal pernikahan sehingga bila pada tanggal yang diinginkan tersebut tidak memungkinkan untuk mengadakan pesta, Anda tetap memiliki cadangan di hari lainnya.

Mulailah membuat anggaran pernikahan
Membuat anggaran sangatlah penting dalam mempersiapkan pernikahan. Hal ini akan membantu Anda agar tidak sampai mengadakan pesta pernikahan yang di luar jangkauan kemampuan Anda berdua. Semua kemewahan pernikahan tentu akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit dan dengan membuat perencanaan keuangan setidaknya dapat membantu Anda terhindar dari pengeluaran yang membengkak. Putuskan berapa tamu yang akan diundang ke pesta pernikahan dan buatlah masing-masing kategori pengeluaran yang mungkin akan dikeluarkan. Sediakan catatan khusus untuk mencatat anggaran untuk masing-masing kebutuhan pernikahan Anda. Dari gaun pengantin, Jas pengantin, tempat, catering, dan sebagainya. Hal ini perlu dilakukan agar, Anda dapat memantau biaya yang akan Anda keluarkan untuk semua kebutuhan pernikahan Anda.

Daftarkan semua tamu yang akan Anda undang
Tuliskan terlebih dulu daftar-daftar tamu yang akan Anda undang ke pesta pernikahan Anda. Utamakan keluarga yang akan diundang, barulah teman dan relasi. Dahulukan pengiriman undangan kepada kerabat atau orang yang dituakan. Bentuk undangan tidak perlu aneh-aneh karena trend saat ini adalah simple, yang penting indah serta mudah dibaca. Setidaknya undangan sudah harus sampai ke tangan penerima sekitar dua minggu sebelum hari H. Untuk kerabat yang berada di luar kota, usahakan undangan tersebut sudah harus Anda kirim empat minggu sebelumnya, karena proses pengiriman akan memakan waktu yang agak lama.

Pilih tempat untuk pemberkatan dan resepsi pernikahan
Tentukan terlebih dahulu pesta pernikahan outdoor ataupun indoor. Hal ini harus diimbangi dengan seberapa banyak tamu-tamu yang akan Anda undang nantinya, serta dekorasi yang akan Anda tampilkan pasa pesta tersebut. Dalam memilih tempat perlu Anda pertimbangkan tentang letak lokasi. Jangan sampai jauh sehingga menyulitkan tamu untuk datang.

Untuk memilih lokasi pernikahan yang ideal sebaiknya dilakukan paling lambat setahun sebelumnya. Baru setelah itu Anda mulai memilih kebutuhan-kebutuhan pernikahan lainnya, seperti foto studio atau outdoor, kue pengantin, foto dan shooting liputan, catering, kartu undangan, souvenir, dekorasi hingga mobil pengantin.

Dalam mempersiapkan pernikahan, yang terpenting adalah kerjasama serta komunikasi dengan pasangan Anda. Agar semua perencanaan pernikahan dapat terorganisir dengan baik.
Halaman :
1

Ikuti Kami