Maukah Kau Jadi Tetanggaku?

Single / 17 December 2005

Kalangan Sendiri

Maukah Kau Jadi Tetanggaku?

Fifi Official Writer
4669
Bagi kita yang sudah hidup di kota, mengenal tetangga sudah menjadi ‘barang' yang lumayan langka. Kadang saking individualistis-nya, sampai-sampai tetangga samping dan depan rumah saja kita sama sekali tidak kenal.

Padahal sebenarnya, amatlah penting bagi kita untuk lebih dari sekedar ‘pernah lihat' tetangga saja. Kita harus membangun hubungan dengan mereka karena begitu banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika hubungan kita dengan tetangga terjalin dengan baik.

Mereka bisa menjaga rumah kita walah tanpa sengaja, mereka bisa memberi pertolongan pertama pada bahaya apapun yang mungkin bisa terjadi di rumah kita, dan mereka pun bisa diajak berbagi suka dan duka dengan keluarga kita.

Selain itu, bertetangga dengan baik dapat menjadi contoh positif bagi anak. Suasana yang baik akan membuat anak-anak kita berada di lingkungan yang nyaman dan aman. Selain itu, akan banyak manfaat-manfaat tak terduga lainnya yang bisa didapat dari tetangga.

Jika anda mau untuk mulai membangun hubungan dengan tetangga anda, mulailah dengan ide-ide berikut ini:

  • Buatlah makanan kecil untuk diantar. Ini adalah tips yang mungkin pernah dilakukan oleh begitu banyak orang. Klasik, tapi selalu sukses. Buatlah sesuatu yang sudah pasti enak atau menjadi favorit keluarga. Ini harus dikerjakan dengan senang hati agar tetangga anda tahu bahwa anda adalah orang yang baik. Antar sendiri, jangan lewat pembantu supaya tetangga dapat berbincang-bincang langsung dengan anda.

  • Lambaikan tangan atau beri anggukan dengan senyuman jika bertemu. Jika ada kesempatan untuk anda memberi lambaian tangan, sempatkan untuk sekalian mampir dan memperkenalkan diri.

  • Curi kesempatan melalui event tertentu. Jika anda mengadakan acara di rumah, undanglah tetangga anda dengan mengetok rumahnya dan mengundangnya langsung. Dengan begitu anda bisa membuka suasana yang lebih hangat.

  • Jadilah keluarga yang tahu sopan santun. Tidak membuang sampah sembarangan, tidak membiarkan hewan peliharaan anda mengacak-ngacak sampah tetangga, atau tidak melakuakan keributan yang tidak perlu di malam hari, adalah contoh yang dapat membuat tetangga anda menaruh hormat pada anda. Jika ada kesempatan dimanapun anda mengajaknya kenalan, dia pasi akan menyambutnya dengan hangat.

  • Jangan suka ikut gossip. Ingatlah: perlakukan orang lain seperti anda ingin diperlakukan. Jika anda yang menjadi objek, pasti anda tidak ingin nama anda disebarkan denga reputasi buruk. Karena itu, siapapun dan bagaimanapun tetangga anda, tetaplah menjadi tetangga yang baik.

Sekarang, ingat dan perhatikan. Apakah anda sudah menjadi tetangga yang baik? Jika belum, jangan tunda-tunda. Mulailah hari ini juga.
Halaman :
1

Ikuti Kami