Selamat Tinggal Sikap Buruk

Parenting / 14 December 2005

Kalangan Sendiri

Selamat Tinggal Sikap Buruk

Fifi Official Writer
3372
Terkadang anak-anak melakukan ketaatan namun mereka melakukannya dengan sikap yang buruk. Rasa hormat atau penghormatan adalah solusinya. Adalah penting untuk mengajarkan anak-anak apakah itu arti rasa hormat dalam bentuk praktek sederhana. Satu ibu mendefinisikan sikap sebagai "hati bagaimana engkau melakukan sesuatu". Ketaatan dinyatakan dalam bentuk tindakan. Rasa hormat dinyatakan dalam bentuk sikap yang berjalan seiring dengan tindakan yang dilakukan.

Seringkali satu sikap buruk datang dari kemarahan dalam hati. Bayangkan sebuah bawang dengan banyak lapisan. Kala anda mengupas satu demi satu lapisannya, anda akan melihat lapisan demi lapisan hingga anda akan menemukan inti dari bawang itu. Kemarahan juga seperti itu. Tanda-tanda paling nyata dari kemarahan adalah kekerasan secara fisik. Memukul, menampar, menendang, dan menggigit adalah cara yang umum kala kemarahan didemonstrasikan.

Kala anak-anak belajar untuk mengendalikan reaksi fisik mereka, mereka mengupas lapisan-lapisan tersebut hingga menunjukkan lapis berikutnya : kata-kata menyakitkan melalui ucapan sarkastis, mengejek, menyindir atau tanda-tanda mengolok-olok. Tindakan ini bukan pervuatan secara fisik namun senjata mematikan lainnya yang menjadi pertanda gejala kemarahan.

Lapisan demi lapisan respon kemarahan dapat dipindahkan hingga anda dapat menemukan satu hal yang paling nyata : sikap buruk. Anak-anak yang tidak mau tidur, membersihkan ruangannya, meninggalkan pelajaran atau komputernya atau membereskan sepatunya. Anda sering menginterupsi tindakan mereka dengan memberikan perintah, atau dengan cara mengoreksi atau bahkan mengatakan ‘tidak'. Lalu anda mendapatkan kemarahan dinyatakan dalam bentuk sikap yang buruk.

Dengan menyadari hal ini maka anda dapat mengambil langkah pertama yang paling penting kearah perubahan - anda melihat permasalahannya. Anda tidak akan mendapatkan pekerjaan selesai dengan sikap yang buruk karena sekarang anda akan melihat pentingnya mengalamatkan sikap sebagaimana halnya perilaku. Anda mungkin bisa datang pada anak anda dan mengatakan : "Sebentar dulu nak!. Sikap kamu ini telah menjadi masalah. Saya ingin kamu duduk sebentar dan kita lihat bagaimana seharusnya cara kamu memberikan respon. Bila kamu telah siap untuk mencoba memberi respon dengan cara yang lain, maka kita akan bisa teruskan yang lain".

Jelaskan pada anak anda nilai dari sikap yang baik dan bahaya dari sikap buruk dalam pekerjaan atau didalam sekolah. Sikap yang baik adalah penting dan interaksi anda di rumah adalah tempat terbaik untuk mulai bekerja mengasah sikap itu.

Tips ini diambil dari buku Say Goodbye to Whining, Complaining, and Bad Attitudes, In You and Your Kids. Digunakan dengan seijin The National Center for Biblical Parenting.
Halaman :
1

Ikuti Kami