Mengembangkan Karakter Anak Anda

Parenting / 14 December 2005

Kalangan Sendiri

Mengembangkan Karakter Anak Anda

Fifi Official Writer
3016
Anak-anak anda dilahirkan dengan identitas pribadi yang unik. Mereka mempunyai bakat, potensi, kemampuan, dan minat yang berbeda satu sama lain, bahkan juga berbeda dengan anda. Adalah suatu kepuasan tersendiri jika anda dapat melihat mereka bertumbuh maksimal dalam bidang dan hal-hal yang sesuai dengan identitas pribadinya tersebut. Sekarang, bagaimana anda dapat terlibat dalam mengarahkan mereka mencapai tujuan itu? Berikut ini lima tips yang bisa anda lakukan:

1. Pastikan minat anak-anak anda berasal dari mereka sendiri, bukan minat anda. Banyak orang tua yang menganggap anak mereka akan menyukai juga hal yang mereka sukai dan akan berhasil dalam bidang yang mereka anggap ideal untuk anak mereka. Namun anak-anak anda mempunyai minat mereka sendiri, anak anda adalah seorang pribadi yang terpisah dari anda meskipun mereka ada di dunia melalui anda. Jika anda memaksakan minat anda kepada mereka, dorongan yang mereka rasakan untuk memisahkan diri dari anda akan menghalangi dorongan mereka untuk sukses. Dan mungkin mereka akan berhenti berusaha dalam satu bidang dimana mereka sebenarnya mampu, hanya untuk memisahkan diri dari anda.

2. Dukung anak anda dalam apa yang menjadi pilihan mereka. Beri dorongan dan semangat, namun jangan terlalu berfokus pada hasil, lebihlah menaruh perhatian pada prosesnya. Apakah nantinya mereka akan menang atau tidak, hal itu tidaklah sepenting daripada apa saja yang mereka pelajari selama perjalanan.

3. Mintalah anak anda untuk menekuni dan tetap pada pilihannya, terutama jika anda membayar untuk itu. Terkadang, jika seorang anak pernah terbukti bertanggungjawab, tidak apa-apa jika dia memutuskan untuk berhenti kalau dia menemukan bahwa dia benar-benar tidak menyukai suatu bidang setelah mencobanya untuk beberapa saat. Saya juga pernah seperti itu dengan olahraga berenang, saya tidak menyukainya, jadi saya berhenti. Tapi saya telah terbukti pernah menyelesaikan jenis olahraga lain dan tidak berhenti di tengah jalan. Saat saya mengambil kursus piano, ceritanya sedikit berbeda. Saya telah memulainya, dan saya membencinya. Tapi orang tua saya membuat saya menyelesaikannya karena menghentikannya sama dengan menghindari pertumbuhan tanggung jawab saya untuk menyelesaikan sesuatu yang telah saya sanggupi dalam komitmen saya. Saya setuju untuk tetap menjalaninya selama 1 tahun, dan akhirnya saya dapat menyelesaikannya. Saya tidak menyukainya, tapi saya bersyukur dulu mereka memaksa saya untuk tetap bertahan. Ternyata itu sangat membantu saya dalam menulis buku saat ini. Jangan minta saya untuk bermain piano, permainan saya buruk sekali. Namun saya memang mempelajari sesuatu dalam prosesnya.

4. Tawarkan berbagai pilihan kepada anak-anak anda. Dan sebagai tambahan, bantulah mereka dengan menciptakan berbagai kesempatan jka anda bisa. Kita memang tidak mungkin membayar segala sesuatunya untuk anak kita. Namun kadangkala, kita dapat memilih beberapa kesempatan untuk dicoba berdasarkan beberapa minatnya, sambil menjelaskan tentang pilihan-pilihan yang lain.

5. Lakukan berbagai aktivitas dan keahlian bersama anak-anak anda. Ini akan melibatkan mereka dalam menyaksikan bagaimana anda menangani hobi sekaligus menikmati kesenangan mempelajari keahlian baru. Cobalah melakukan hal-hal yang baru bersama mereka, itu sangat menyenangkan dan mempererat hubungan keluarga anda, sekaligus sebagai satu kesempatan dalam proses yang mereka jalani.

Jika anda melakukan semua hal di atas, maka anda akan melihat seseorang yang baru pada akhir prosesnya. Anda akan mempunyai seorang teman sepanjang hidup anda, seseorang yang bisa anda banggakan, dan seseorang yang perjalanannya dapat membuat anda terkagum tentang bagaimana sedari awal Tuhan membimbing langkahnya ke masa depan.

Saat nanti tugas anda telah selesai, renungkanlah kembali apa yang telah anda lakukan... Anda telah mengajarkan kepada anak-anak anda, bahwa semua yang telah anda ajarkan kepada mereka hanya seperti satu hari untuk mereka tangani. Anda mengajarkan kepada mereka bahwa tanggung jawab anda sebagai pengasuh dan manajer hanyalah sementara, dan bahwa apa yang anda lakukan hnya untuk menunjukkan kepada mereka bagaimna mereka akan melakukannya suatu saat nanti: menjaga dan mengurus diri mereka sendiri.

Jika saat ini mereka telah dapat melakukannya, itu berarti anda telah berhasil. Seperti sebuah lagu yang mengatakan, "Berilah mereka akar dan berilah mereka sayap." Anda telah memberikan kepada mereka apa yang mereka butuhkan untuk terbang ke dunia mereka: karakter.
Halaman :
1

Ikuti Kami