Kuatir Anak Lahir Cacat?

Parenting / 14 December 2005

Kalangan Sendiri

Kuatir Anak Lahir Cacat?

Fifi Official Writer
4362
Perasaan bahagia bercampur kuatir biasanya menyelimuti hati setiap ibu menjelang masa-masa melahirkan. Jika bayinya lahir sehat, kebahagiaan itu lengkaplah sudah. Tapi, bagaimana jika terjadi sesuatu yang salah pada si buah hati?

Perasaan kuatir tentang kondisi bayi yang akan dilahirkan bagi ibu hamil sangatlah wajar. Sebab banyak hal bisa terjadi pada masa-masa kehamilan itu. Namun, ada beberapa kelainan pada bayi yang dapat dicegah sejak masih dalam kandungan. Apalagi dengan kemajuan ilmu kedokteran, sekarang ini kemungkinan untuk mendapatkan bayi lahir sehat sangat besar.

Hati-Hati Pada Trimester Pertama
Pada awal masa kehamilan, yaitu trimester pertama adalah masa rawan. Sebab masa ini adalah masa penting bagi pembentukan organ-organ janin. Beberapa faktor mempengaruhi pembentukan organ janin. Namun yang paling sering terjadi adalah pengaruh kelainan kongenital (bawaan), infeksi yang disebabkan oleh virus dan lain-lain, serta zat-zat kimia. Maka, Anda harus ekstra hati-hati menjaga kehamilan pada masa ini.

Faktor keberhasilan melahirkan bayi sehat, sebenamya gabungan antara faktor kesehatan fisik dan sosial Anda. Jika salah satu faktor tersebut terganggu, maka kehamilan Anda juga akan mengalami gangguan.

Pemeriksaan dan Jaga Makanan
Untuk mendeteksi sedini mungkin gangguan kehamilan Anda, maka pemeriksaan ultrasonografi (USG) perlu Anda lakukan. USG dapat Anda lakukan pada kehamilan usia 16 hingga 32 minggu.

Menjaga makanan juga salah satu langkah untuk mencegah cacat janin. Makanlah makanan dengan mutu yang baik dan gizi seimbang. Perbanyaklah minum air putih, sari buah atau jus, apalagi jika Anda mengalami mual atau muntah-muntah. Berbagai minuman ini akan membantu mengatasi kekurangan cairan dalam tubuh. Makan dengan porsi kecil dan frekuensi sering akan membantu Anda jika Anda enggan makan. Ingatlah bahwa Anda makan bukan untuk kesehatan sendiri, tapi juga janin yang ada dalam kandungan.

Hindarilah alkohol, rokok dan obat-obatan, termasuk jamu-jamuan. Karena benda-benda ini menjadi pengganggu perkembangan janin Anda. Benda-benda tersebut menjadi penyebab bayi lahir cacat. Bukankah Anda ingin bayi Anda lahir sehat tanpa cacat? Dan yang terpenting ajak anak yang Anda kandung untuk selalu berdoa bersama mama dan papanya meminta pertolongan Tuhan setiap hari.
Halaman :
1

Ikuti Kami