Ketakutan Menjelang Persalinan

Parenting / 14 December 2005

Kalangan Sendiri

Ketakutan Menjelang Persalinan

Fifi Official Writer
6448
Proses kelahiran memang menakutkan. Apalagi bagi mereka yang baru mengalami kelahiran pertama. Pastinya bagi anda yang akan melahirkan untuk pertama kali, perasaan takut, gugup, panik pasti akan anda alami. Kami mempunyai informasi supaya Anda bisa melepaskan rasa takut tersebut.

Pasrah dan lakukan persiapan
Proses kelahiran pertama memang menakutkan. Akan tetapi Anda tetap harus melewati proses itu, jadi sebaiknya sebelum saatnya tiba, persiapkan diri untuk mengahadapi proses tersebut. Anda bisa mencari informasi di buku atau browsing di internet tentang persiapan kelahiran yang pertama ini.

Ikut Kelas
Selain mencari informasi, ikutilah kelas untuk ibu hamil seperti kelas senam Lamaz. Kelas itu memberi teori teknis tentang cara bernafas, dan cara menenangkan diri ketika proses kelahiran. Memang, mengikuti kelas itu bukan berarti Anda secara otomatis terbebas dari rasa sakit ketika melahirkan, akan tetapi setidaknya Anda menjadi lebih tenang. Jika Anda panik, otot-otot akan menegang dan Anda akan merasa lelah, sehingga lebih kesakitan.

Jangan memendam rasa takut
Kadang, Anda tidak mau orang mengetahui Anda lemah atau takut. Sehingga Anda menyembunyikan rasa takut itu, dan mengalihkan pikiran pada hal-hal yang lain, seperti; berbelanja keperluan bayi, atau bekerja. Disarankan agar tidak memendam ketakutan. Jika kemukakan hal tersebut pada pasangan, atau teman-teman yang pernah mengalaminya. Mereka akan memberi masukan, atau petunjuk apa yang seharusnya dilakukan sehingga Anda siap jika saatnya tiba.

Pengetahuan adalah kekuatan
Jika Anda tahu proses yang akan dilalui saat melahirkan, maka kondisi mental Anda juga akan siap menjelang kelahiran. Dengan membaca buku tentang kelahiran dan atau membuka situs-situs kelahiran, Ada setidaknya tahu dan mengerti proses yang terjadi dan langkah yang dilakukan oleh paramedis saat membantu Anda melahirkan.

Siap jika mengalami kesulitan
Proses kelahiran dipengaruhi secara langsung oleh 2 faktor. Pertama, ukuran pinggul dan kedua, posisi bayi dalam kandungan. Kedua faktor tersebut berada di luar kontrol Anda.

Biasanya pada kelahiran pertama, 1 dari 10 bayi lahir dengan posisi yang disebut posterior. Maksudnya posisi kepala bayi sudah di bawah hanya saja bukannya menghadap ke pinggul tetapi melenceng 90 derajat. Sehingga kepala bayi harus diputar 90 derajat agar dapat lahir.

Memang tidak semua calon ibu mengalami keberuntungan melalui proses persalinan yang lancar dan cepat. Pastikan saja persiapkan Anda telah sempurna. Agar mendapat dukungan, Anda dapat mengajak suami atau ibu menemani saat melahirkan. Semoga berhasil.
Halaman :
1

Ikuti Kami