Siap Punya Anak Sekarang?

Marriage / 14 December 2005

Kalangan Sendiri

Siap Punya Anak Sekarang?

Fifi Official Writer
5258

Sudah menikah? Anda dan pasangan sudah siap memiliki momongan? Kalau begitu mulailah 'membenahi' gaya hidup yang selama ini mungkin kurang.

Memang anak adalah pemberian dari Tuhan, tapi kita yang diberikan kepercayaan untuk mengasuhnya harus bertanggung jawab untukmempersiapkannya. Paling ideal, persiapan ini dilakukan enam bulan sebelum kehamilan terjadi. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan oleh calon Ayah dan Ibu?

Persiapan fisik

1. Hentikan kebiasaan merokok dan minuman beralkohol
Himbauan ini berlaku bagi calon ayah dan ibu. Perokok aktif dan pasif dapat membuat janin mengalami gangguan pertumbuhan. Asap rokok yang terhirup oleh calon ibu dapat menghambat suplai oksigen, sehingga risiko janin lahir prematur menjadi lebih tinggi. Minuman beralkohol membuat calon ibu menghadapi risiko keguguran karena kandungan melemah. Sedangkan pada pria, kadar alkohol yang tinggi membuat jumlah sel sperma sedikit jumlahnya sehingga tidak cukup untuk pembuahan.

2. Pilihlah makanan bergizi tinggi
Membatasi asupan makanan bergula dan berlemak tinggi sangat dianjurkan. Usahakan Anda dalam kondisi berat badan yang ideal agar proses pembuahan berlangsung sempurna.

3. Melakukan tes kesehatan
Langkah ini dilakukan untuk memastikan kondisi keksehatan calon ibu. Jika dalam pemeriksaan calon ibu dinyatakan mengalami gangguan kesehatan tertentu, biasanya dokter akan merekomendasikan agar pasangan menunda dulu kehamilan sampai calon ibu dinyatakan sehat. Salah satu pemeriksaan yang kesehatan yang wajib dilakukan adalah pemeriksaan darah adalah untuk mengetahui apakah calon ibu mengidap virus-virus yang membahayakan kehamilan, seperti; toksoplasma, cytomegalo atau rubela.

4. Melakukan vaksinasi.
Ada tiga vaksinasi yang perlu dilakukan oleh ibu untuk melindungi janinnya selama kehamilan dan menjalani proses persalinan, yaitu; vaksinasi MMR (Measles, Mumps, Rubella), vaksinasi TT (Tetanus Toksoid), dan vaksin Hepatitis.

Persiapan psikologis
Bagi calon ayah dan ibu, proses kehamilan hingga melahirkan akan menjadi pengalaman istimewa. Namun pengalaman yang luar biasa adalah ketika Anda berdua menjadi orang tua. Jadi, sebelum memiliki anak, sebaiknya diskusikan perubahan dan tantangan hidup yang akan Anda alami, misalnya; pola asuh serta pendidikan yang akan Anda terapkan untuk anak.

Persiapan finansial
Memang bukan segalmya namun faktor ini bisa dikatakan yang paling penting. Persiapan yang dimaksudkan adalah perencanaan keuangan untuk mencukupi keperluan anak sejak masih berada dalam kandungan hingga lahir. Kehadiran seorang bayi berarti pertambahan biaya tetap bagi sebuah keluarga, yang secara tetap akan meningkat seiring kebutuhan pertumbuhan anak

Bagaimana, sudah siapkah Anda?

Halaman :
1

Ikuti Kami