Checklist Liburan

Checklist Liburan

Fifi Official Writer
2781
Musim liburan sekolah tiba! Apakah anda memanfaatkan momen ini dan merencanakan liburan bersama keluarga? Ada benda-benda yang wajib ada di dalam tas dan koper anda saat bepergian. Termasuk pernik-pernik keselamatan dan kenyamanan buat si kecil, agar perjalanan menjadi menyenangkan.

Untuk Si Kecil
- Tiket
- Permen pencegah telinga sakit di pesawat
- Cemilan
- Krayon, pensil gambar, dan buku gambar
- Buku cerita
- Mainan kesayangan atau mainan yang bisa dimainkan di perjalanan
- Kotak obat: termometer, plester, obat penurun panas, obat-obat khusus jika si kecil mengidap sakit tertentu. Kalau perlu, bawa resep dari dokter untuk berjaga-jaga jika obat yang dibutuhkan habis atau hilang.
- Lotion obat nyamuk, atau patch anti nyamuk khusus untuk anak.
- Perlengkapan mandi: sikat gigi, odol, shampo

Untuk Anda
- Tiket dan paspor
- Slip konfirmasi hotel
- Kartu identitas diri
- Bahan bacaan untuk pengisi waktu di jalan
- Alat kosmetik (bawa yang sangat mendasar saja. Misal pelembab, bedak, lipstik)
- Obat-obatan pribadi
- Kamera
- Sunglasses
- Air mineral

Yang Boleh dan Tidak Boleh
Selain ada barang-barang yang tak boleh lupa untuk dibawa, ada juga hal-hal lain yang seharusnya dilakukan dan tidak boleh dilakukan agar perjalanan liburan anda sekeluarga sukses.

- Bawa cemilan favorit. Untuk perjalanan panjang, jangan pernah lupa membawa satu kotak khusus berisi cemilan kegemaran si kecil. Misalnya crackers, buah-buahan, permen (jika memang diperbolehkan), air minum, jus buah.

- Istirahat. Jika anda memutuskan berlibur dengan naik mobil, jangan lupa untuk sering berhenti untuk istirahat. Berhentilah setiap tiga jam di tempat yang nyaman agar anak-anak bisa melepas kebosanan dengan bermain.

- Setel musik. Untuk perjalan panjang dengan mobil, jangan lupa putarkan lagu-lagu kesayangan si kecil. Lagu-lagu ini sangat bermanfaat jika anak-anak mulai bosan dengan mainan mereka.

- Jangan cuma duduk. Naik apapun anda (pesawat, mobil, bus, atau kereta), jangan abaikan anak-anak dengan kesibukan mereka sendiri. Libatkan diri anda. Ajak mereka melakukan beragam aktivitas. Misalnya main boneka, mewarnai, menyanyi, mendongeng.

- Jangan bawa barang berlebihan. Memang terkadang agak sulit membatasi diri dari membatasi barang bawaan yang ingin dibawa. Tetapi ingatlah selalu, bawaan yang berat akan merepotkan perjalanan anda. Terlebih jika anda merencanakan pindah dari satu lokasi ke lokasi lain.

Selamat berlibur!
Halaman :
1

Ikuti Kami