Cari Sekolah Terbaik

Parenting / 13 December 2005

Kalangan Sendiri

Cari Sekolah Terbaik

Fifi Official Writer
4820
Punya anak kecil yang siap masuk sekolah? Berikut beberapa cara untuk mempertimbangkan sekolah terbaik untuknya:

1. Jangan pikir bahwa sekolah dengan banyak peminat sampai memiliki "waiting list" dalam tahap pendaftarannya adalah sekolah yang lebih baik dari yang lain. Kumpulkan informasi dan cari tahu dulu detail mengenai sekolah tersebut.

2. Pilih sekolah yang memiliki nilai-nilai yang baik yang anda inginkan untuk anak anda. Apakah anda ingin sekolah dengan dasar agama tertentu, dengan bahasa pengantar tertentu, dengan reputasi tertentu, atau yang lainnya.

3. Perhatikan kurikulum sekolah. Kurikulum yang baik akan sangat berpengaruh pada masa depan pendidikan anak anda.

4. Perhatikan dan pertimbangkan temparemen dan sifat serta kemampuan belajar anak anda. Apakah anak anda seorang egois, atau seorang yang butuh dorongan konstan dari lingkungannya, atau seorang yang spontan dan tidak takut tantangan? Perhatikan juga bagaimana cara anak anda beradaptasi dengan perubahan disekitarnya. Jawaban dari pertanyaan itu akan membantu anda mencari sekolah dengan karateristik yang bisa cocok dengannya.

5. Cari sekolah yang memperhatikan kesehatan dan keamanan anak.

6. Perhatikan juga ukuran kelas dari sekolah tersebut. Jangan sampai satu kelas beranggotakan terlalu banyak anak karena akan kehilangan keefektifannya.

7. Perhatikan kualitas pengajar. Ada sekolah-sekolah tertentu yang tidak peduli dengan kuliatas guru sehingga murid tidak mendapat pangajaran maksimal.

8. Sebelum memasukkan anak ke sekolah, tidak ada salahnya untuk melakukan tur ke beberapa sekolah target untuk menjatuhkan pilihan. Dari tur tersebut, anda bisa melihat cara guru mengajar, lingkungan, kebersihan, dan sebagainya.

9. Cari sekolah yang kaya dengan pilihan. Misalnya dalam satu sekolah ada sarana bermain, olahraga, musik, sampai seni melukis. Dengan kelengkapn pilihan seperti itu, anak akan lebih bebas menyalurkan hobi yang ia sukai di sekolah.

10. Bicara dengan kepala sekolah. Dari kepala sekolah, anda bisa mendapat nilai tambah atau kurang dari sekolah tersebut.

Terakhir, sesuaikan semua dengan kondisi anda sebagai orang tua. Biaya dan jarak misalnya, adalah beberapa hal yang menjadi pertimbangan dan tidak perlu dipaksakan. Memilih adalah kegiatan yang positif, dan percaya saja akan membawa hal yang positif pula pada anak anda nantinya!
Halaman :
1

Ikuti Kami