Standar Hiburan Keluarga

Standar Hiburan Keluarga

Fifi Official Writer
2952
Televisi, internet, majalah, dan lainnya bisa diakses 24 jam oleh siapapun termasuk anak-anak. Karena itu orang tua kini harus makin memperhatikan hiburan apa yang dikonsumsi oleh keluarganya. Siapa musisi favorit keluarga anda? Tontonan apa yang paling menarik anak anda? Dan apakah anda tahu apa yang dilihat oleh anggota keluarga anda di internet? Untuk menetapkan standar hiburan di rumah anda, berikut langkah yang harus anda lakukan:

1. Sisihkan waktu khusus untuk memperbincangkan masalah hiburan ini bersama keluarga anda. Lebih dari sekedar untuk mengetahui apa yang mereka sukai, selidiki mengapa mereka menyukai hal itu. Misalnya kalau anak anda menyukai artis tertentu yang membawa pesan pemberontakan, anda harus mulai melakukan pendekatan tertentu dengannya karena kemungkinan besar konsep pemberontakan itu mulai ia adopsi dari artis favoritnya itu.

2. Jika anak anda belum memiliki jenis hiburan tertentu yang ia sukai, maka beruntunglah anda. Anda mulai bisa menerapkan batas hiburan dengan bebas sesuai dengan standar baik menurut anda.

3. Jika kesukaan anak anda adalah sesuatu yang menurut anda sangat berbahaya bagi perkembangannya kelak, maka pelan-pelan mulailah menawarkan jenis hiburan lain yang sehat sebagai alternatif. Jangan secara langsung melarangnya untuk menikmati sesuatu karena makin dilarang mereka biasanya makin penasaran. Dalam proses itu jelaskan mengapa mereka perlu meminimalis selera hiburan pribadi mereka. Jelaskan dengan terbuka efek buruk yang bisa mereka terima.

4. Anda perlu menjadi contoh. Jangan menjadi orang tua yang duduk begitu lama di depan internet tanpa tujuan yang jelas, misalnya. Usahakan pula koleksi majalah, musik dan film dirumah adalah hiburan yang mendidik dan positif.

5. Biasakan untuk berdampingan dengan anak-anak sesering mungin dalam menikmati hiburan. Televisi, komputer dan radio tape letakkan di ruang keluarga supaya bisa dinikmati bersama.

6. Jangan menjadi ekstrem. Standar hiburan dalam keluarga memang sangat penting, tapi bukan berarti caranya ialah "ikut atau tidak sama sekali". Sebaliknya, ada nilai dan prinsip yang harus anda ajarkan tanpa harus memerintah mereka untuk melakukan sesuatu yang ekstrem. Ada orang tua yang melarang anak untuk menonton bioskop atau menonton mtv sama sekali. Anak-anak ini biasanya melakukan pelanggaran segera setelah orang tua mereka tidak melihat.

7. Sebelum menilai, anda sendiri harus menyaksikan. Jangan tuduh jenis hiburan apapun sebagai sesuatu yang buruk jika anda sendiri belum menyaksikannya.

8. Biasakan anak anda untuk mejadi kritis dengan memberikan mereka kebebasan mengemukakan pendapat tentang hiburan yang mereka saksikan.

Diatas semua cara penetapan standar hiburan tersebut, jangan pernah berhenti untuk memasukkan nilai-nilai kebenaran dan positif pada anak anda setiap hari untuk membantu mereka mengukur hiburan yang mereka konsumsi.
Halaman :
1

Ikuti Kami