Jinakkan Monster di Rumah

Jinakkan Monster di Rumah

Fifi Official Writer
2788
Hari-hari ini, televisi telah berubah menjadi monster yang mengerikan bagi anak-anak di rumah anda. Monster ini tidak perlu dibunuh, tapi hanya perlu dijinakkan supaya berubah menjadi sesuatu yang membawa keuntungan bagi orang tua maupun anak. Siapa yang bertugas menjinakkannya? Anda!

1. Cara pertama untuk menjinakkan televisi terhadap anak ialah tidak menjadikannya sebagai baby sitter di rumah. Banyak orang tua yang meninggalkan anak-anak di rumah hanya dengan pembantu, sehingga televisi menjadi "orang tua" bagi mereka. Tak heran jika dalam waktu singkat, anak mengucapkan atau melakukan sesuatu yang mengejutkan atau bahkan mengerikan. Karena itu, selalu sediakan waktu untuk anak di rumah.

2. Jika anda tipe orang tua yang selalu punya waktu untuk anak, ketahuilah acara apa saja yang jadi favorit anak anda dan apa isi acara tersebut. Sebisa mungkin tonton acara tersebut bersama dengan mereka.

3. Jangan pernah letakkan televisi di kamar anak anda karena anda tidak akan pernah bisa memonitor tontonan anak dan anak akan cenderung menghabiskan waktu lebih banyak di dalam kamar ketimbang di ruangan lain karena pengaruh televisi tersebut.

4. Tetapkan peraturan standar menonton televisi di rumah anda. Contohnya, jam berapa anak boleh menonton televisi? Bolehkan menonton jika PR belum dikerjakan? Berapa jam anda boleh menonton?. Walaupun peraturan seperti ini terdengar kaku, tapi hasilnya bagi perkembangan mental dan disiplin anak sangatlah baik.

5. Sering-sering bicarakan dengan anak tentang program televisi yang mereka saksikan. Selesai menyaksikan program tertentu bersama dengan anak, segera bahas isi dan jalur ceritanya serta ajarkan mereka nilai-nilai yang positif serta negatif dari tayangan itu.

6. Sekali-kali, selingkan tayangan televisi dengan tayangan VCD/DVD yang berisi film anak atau keluarga yang bernilai baik, atau dengan tayangan pendidikan lainnya. Selain tidak membosankan, tontonan yang sudah pernah anda saksikan sebelumnya akan memudahkan anda untuk mengajarkan sesuatu kepada anak.

Jika orang tua peduli terhadap konsumsi tontonan anaknya, resiko monster untuk bisa beraksi lebih dapat diminimalis.
Halaman :
1

Ikuti Kami