Perceraian Tidak Seperti Yang Anda Bayangkan

Marriage / 13 December 2005

Kalangan Sendiri

Perceraian Tidak Seperti Yang Anda Bayangkan

Fifi Official Writer
5264
Perkawinan bisa saja tidak berlangsung selamanya, tetapi perceraian pasti selamanya. Memang dengan berlalunya waktu, perceraian terasa makin berkurang artinya, tetapi tidak seperti rengekan anak-anak, perceraian tidak pernah sungguh-sungguh berlalu.

Perceraian bukanlah jalan yang mudah untuk direkomendasikan, juga bukan kesakitan yang penghabisan, juga bukan penyakit yang menular. Berikut ini adalah sejumlah pengalaman yang dapat membantu Anda membatalkan niat bercerai, atau setidak-tidaknya memberikan gambaran akan hal-hal yang mungkin terjadi. Selalu ada pengecualian memang, tetapi hal-hal inilah yang umum terjadi.

* Merupakan pengalaman fisik
Segala perasaan tidak enak menghinggapi tubuh. Bahkan hanya ketika duduk bersama pada satu bangku, tubuh bisa terasa seperti berputar, isi perut seakan-akan turun seperti ketika berada di pesawat terbang saat badai sedang lewat. Semua perasaan tidak enak ini bisa datang lagi-datang lagi hanya ketika sedang mengingat perceraian itu. Untungnya kondisi demikian biasanya berlalu setelah 9 bulan.

* Tidak pernah sesuai rencana
Kehidupan setelah perceraian selalu berubah dan Anda tidak akan punya kemampuan mengontrol perubahan itu. Kita sering terperangkap dalam sederetan rencana bertindak sebagai orangtua ketika baru bercerai, tetapi hal itu tidak selalu mempersiapkan kita sendiri menghadapi perubahan itu.

Akan terjadi suatu tawar-menawar dalam diri Anda mengenai pertikaian yang mana yang perlu Anda menangkan tanpa membuat anak-anak terperangkap di tengah pertikaian antar orangtuanya. Hidup telah berbelok ke arah yang tidak Anda rencanakan. Anda harus belajar untuk hidup dengan aliran itu atau terperangkap dalam kemarahan dan berbagai kekecewaan Anda sendiri.

* Pengurusan anak dan keuangannya
Pengurusan anak adalah satu hal. Pembagian tanggung jawab mengenai keuangan anak adalah satu hal lain. Keduanya tidak terikat menjadi satu seperti yang banyak dilihat orang. Bila Anda keliru (sehingga menganggapnya merupakan satu hal) atau membuatnya menjadi sesuatu yang merupakan sebab-akibat, Anda memeras anak-anak. Jumlah uang yang terlibat tidak akan pernah tetap setiap bulannya. Tetapi jangan mengharapkan datangnya jumlah yang sepatutnya diserahkan. Mengenai perceraian tidak pernah mengenai kepatutan.

* Tidak pernah menjadi orangtua idaman
Ketika kedua orangtua tidak bersama-sama lagi dalam situasi yang dinikmati bersama keluarga, misalnya menonton televisi, maka anak-anak akan mengatakan mereka lebih menyayangi pihak lain. Hal itu bukan berarti Anda kurang disukai tetapi memang seperti itu perasaannya. Anda harus belajar memaafkan diri sendiri ketika perasaan kalah bersaing itu muncul.

* Perceraian tidak mengubah mantan pasangan
Bila mantan pasangan Anda pelit, tidak tepat waktu dan tidak punya perhatian kepada keluarga sebelum bercerai, dia akan tetap begitu sesudah bercerai. Hal-hal yang Anda tolerir dalam perkawinan akan memarahkan Anda dalam perceraian. Anda kira Anda sudah tidak perlu lagi bersabar menghadapi ...-nya (isilah titik-titik kosong ini), tetapi hal itu berlangsung terus persis seperti ketika perkawinan Anda masih ada.

Anda harus belajar menerima, melupakan, dan memaafkan, atau Anda akan menghabiskan banyak sisa emosi terhadap orang yang bukan pasangan Anda lagi. Pengacara juga tidak dapat mengubah mantan pasangan Anda menjadi seperti yang Anda inginkan. Jangan membuang percuma uang Anda untuk mencoba mendapatkan pengacara yang dapat 'mengatasi' dia.

* Membenci mantan pasangan
Bila Anda tidak membenci pasangan Anda ketika kalian berpisah, Anda akan membencinya dalam tiga bulan sampai tiga tahun. Hampir tidak mungkin meloncati periode ini.

Sekarang Anda berdua memiliki agenda yang berbeda dan tidak mungkin prioritas-prioritas Anda sama dengan mantan pasangan. Kadangkala penting juga menunjukkan kemarahan Anda bila ia tidak memenuhi kewajibannya menyerahkan sejumlah uang pada waktunya (karena hal itu tidak termasuk prioritas baginya). Tetapi jangan membagi kemarahan itu dengan anak-anak. Ini bukan hal mudah, tetapi untuk kesehatan mental mereka, Anda harus melakukannya. Anda harus menyimpan perasaan-perasaan yang mudah menguap ini untuk diri sendiri, atau membaginya kepada terapis Anda.

* Perceraian berlangsung selamanya kalau ada anak
Anda akan menghadapi acara-acara keluarga, kelulusan anak-anak, liburan bersama, perkawinan, dan sebagainya. Semua itu akan terus-menerus membawa Anda berdua melewati tahun demi tahun. Menghampiri mantan Anda dengan kata-kata yang bersahabat pada acara-acara itu membuat semua orang berperasaan tidak enak, namun hal itu patut dilakukan. Sebagai orangtua, Anda harus cukup kooperatif untuk mengizinkan pertalian keluarga berjalan terus.

* Hari perkawinan dengan mantan pasangan menyakitkan Anda
Tak peduli bagaimanapun mantapnya keputusan Anda untuk tidak pernah menerima dia kembali, dan bahwa Anda bergembira telah bercerai darinya, namun tetap saja hari perkawinan dia merupakan saat yang menyakitkan Anda. Peristiwa itu adalah paku terakhir di peti mati yang dahulu merupakan perkawinan Anda, harapan-harapan Anda, impian-impian Anda.

Jika Anda mengenal seseorang yang mantan pasangannya akan segera menikah, jangan biarkan dia sendiri. Saat-saat itu berat sekali baginya. Jika Anda tahu bahwa mantan pasangan Anda akan menikah, jangan memendam kesedihan Anda sendiri.
Halaman :
1

Ikuti Kami