Ketika Keluarga Sudah Retak

Marriage / 13 December 2005

Kalangan Sendiri

Ketika Keluarga Sudah Retak

Fifi Official Writer
5698
1. Situasi keluarga yang telah dingin dan kehilangan fungsi dasarnya tercipta dan bisa berkembang pesat oleh karena adanya atmosfer ketidakpercayaan dan situasi yang menekan setiap anggota keluarga. Karena itu, hal pertama yang harus diperbaiki ialah komunikasi. Dari isi pembicaraan, intensitas, sampai nada bicara harus diperbaiki.

2. Pahami bahwa kasih sayang dalam keluarga adalah kondisi dua arah. Pahami pula bahwa pria dan wanita adalah 2 kubu yang jauh berbeda dalam pemenuhan kebutuhan emosional mereka. Karena itu setiap orang harus belajar untuk mengekspresikan maupun menerima kasih itu dengan benar.

3. Sangatlah wajar apabila ada anggota keluarga yang sudah tua tapi masih belum dewasa dalam bertindak maupun berpikir. Yang harus dihilangkan adalah ekspektasi berlebihan bahwa seseorang harus bersikap persis seperti yang kita harapkan. Terimalah mereka apa adanya, dan beri masukan yang positif, bukan dengan cara menghakimi.

4. Banyak orang yang sudah hancur berkeping karena kondisi keluarga yang otoriter. Mulailah untuk menghilangkan memori yang buruk dari orang tua dan mengampuni mereka. Pengampunan adalah dasar yang indah untuk pemulihan.

5.Mulailah menanamkan diri dalam komunitas sehat dan positif seperti gereja misalnya, untuk mendapat lingkungan yang bisa memberi bantuan dalam pemulihan keluarga.

6. Biasanya anggota keluarga sudah kehilangan rasa saling menghormati. Hal inilah yang harus diperbaiki. Ketika tiap orang menyadari bahwa orang lain itu lebih penting dari dirinya dan harus dihormati, pemuluian bisa terjadi.

7. Biasanya, kelakuan yang tidak baik di tengah keluarga merupakan sifat yang diturunkan atau hasil belajar dari orang tua atau bahkan dari kakek nenek. Pelajari hal tersebut dengan seksama, dan cobalah untuk berubah kearah yang lebih baik

8. Problem antara adik kakak ialah ketika salah satu dari mereka merasa tidak saling bertanggung jawab untuk saling menjaga. Karena itu, sadari bahwa keluarga dibentuk oleh Tuhan agar anggotanya boleh saling mengasihi dan menjaga satu sama lain, bagaimanapun keadaannya.

9. Keterbukaan adalah awal dari pemulihan. Jangan ada anggota keluarga yang membenarkan diri, melainkan harus mengakui kesalahan. Kemudian bagikan apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan atau harapan setiap orang yang mungkin tak terkatakan. Intinya jangan pernah sembunyikan apapun jika ingin dipulihkan. Ketika setiap anggota keluarga mau saling terbuka, pemulihan akan menjadi akibatnya.

10. Ketika keretakan keluarga sudah mencapai puncak dan diluar kendali manusia, ingatlah selalu bahwa Tuhan itu ada dan Ia setia. Jika manusia sudah tidak sanggup dan angkat tangan kepadaNya, maka Ia akan turun tangan untuk memberi pertolongan. Terciptanya sebuah keluarga adalah sebuah ide awal yang berasal dari Tuhan sendiri. Karena itu jika sebuah keluarga mau dipulihkan dan Tuhan diikutsertakan, maka tidak ada yang mustahil.
Halaman :
1

Ikuti Kami