Aktivitas Outdoor Bareng Anak

Parenting / 12 December 2005

Kalangan Sendiri

Aktivitas Outdoor Bareng Anak

Fifi Official Writer
4328
Ayah memperlakukan anak dengan cara berbeda dari ibu. Dalam beraktivitas bersama anak, umumnya ibu lebih suka beraktivitas indoor, dalam ruang. Sementara, ayah lebih banyak melakukan aktivitas outdoor, luar ruang. Aktivitas outdoor apa saja yang dapat ayah-anak lakukan?

  • Jalan
Berjalan di pegunungan atau di pinggir pantai dapat menjadi kegiatan menyenangkan bersama si kecil. Berjalan dapat dilakukan mulai anak usia dua tahun. Namun, ayah perlu memperhatikan kemampuan anak dan berat tidaknya medan yang ditempuh. Anda pun mesti siap menggendong si kecil ketika ia tampak capai.

  • Bersepeda
Anda dapat menaiki sepeda berboncengan dengan anak. Persiapkan kursi boncengan di belakang sadel sepeda ayah. Atau, masing-masing mengendarai sepeda. Tentu ini dapat dilakukan jika anak sudah bisa mengendarai sendiri sepeda roda tiga atau dua.

  • Lari
Berlarian di taman dekat rumah, lapangan atau pinggir pantai sama menyenangkannya. Si kecil pun dapat melatih kekuatan otot dan koordinasi motorik kasarnya. Perhatikan area tempat berlari, hindari yang banyak batu atau licin.

  • Meloncati batu di sungai
Saat pergi ke daerah pegunungan, sungai merupakan objek menarik untuk didatangi. Bermain meloncati batu dapat Anda lakukan. Anda perlu melihat usia dan kemampuan anak mengingat kegiatan ini menuntut koordinasi motorik kasar dan keseimbangan tubuh saat meloncat dari satu batu ke batu lain. Anda berdua perlu waspada, karena batu di sungai biasanya basah dan licin.

  • Camping (Berkemah
Camping atau berkemah bersama anak dapat dilakukan bila memungkinkan dari sudut usia dan kemampuan si kecil. Saat camping anak mengenal lingkungan alam secara langsung. Sebagai langkah awal, jika halaman rumah Anda memadai, Anda dapat mencoba berkemah di halaman rumah dulu, untuk beberapa jam atau setengah hari saja.

  • Membuat dan bermain layangan
Bermain layangan dapat mengenalkan si kecil akan udara dan berbagai konsep seputarnya. Membuat layangan yang akan diterbangkan bersama anak dapat mengajarkan si kecil bahwa tidak semua benda harus dibeli.

Mengapa Outdoor?
  • Survei terhadap orang-tua dan anak-anak di Amerika Serikat tahun 2002 melaporkan bahwa baik anak maupun orang tua menyukai kegiatan olahraga dan aktivitas outdoor untuk menghabiskan waktu bersama yang lebih berarti. Ini merupakan jawaban populer kedua, setelah kegiatan yang biasa dilakukan bersama seperti mengobrol dan bermain games.
  • Aktivitas outdoor juga merupakan jawaban teratas ketika anak-anak itu ditanya apa aktivitas terhebat yang dilakukan bersama ayah mereka.
• Aktivitas outdoor juga merupakan sarana mengenalkan anak pada alam dan lingkungan.
Halaman :
1

Ikuti Kami