Fifi

Official Writer
2691


Agar si kecil tidak berlarian kesana-kemari, teriak-teriak minta ini atau itu, bahkan naik kursi hanya untuk mengambil emping, sejak dini Anda perlu mengajarkan etika di meja makan dan etika di restoran.

Sebelum berangkat ke restoran, berilah penjelasan sederhana dengan bahasa yang dimengerti anak, terutama deskripsi singkat tentang restoran yang akan dikunjungi. Jelaskan juga perilaku konkret apa yang boleh dilakukan anak dan tidak selama berada di sana.

Trik agar anak Anda bersikap manis di restoran:

1. Buat kesepakatan bersama dengan anak sebelum pergi (bila memungkinkan ditulis/digambar) tentang konsekuensi negatif apa yang akan diterimanya bila ia melanggar kesepakatan. Dan juga konsekuensi positif apa yang dapat diterima anak bila ia berhasil memenuhi kesepakatannya.

2. Bila usia dan karakter anak cukup memungkinkan, ajaklah ia untuk mencoba memilih menu makanan bersama- (walau Anda tetap mengarahkan). Hal ini dapat merangsang anak untuk memiliki rasa tanggungjawab dalam kegiatan makan nanti. Seperti, tetap fokus dalam menikmati makanan yang telah dipesannya atau tidak sibuk sendiri dan bersikap rewel.

3. Berikan peringatan singkat namun tegas apabila anak ternyata masih melakukan hal yang tidak diharapkan. Tidak perlu memarahi panjang dan lebar. Abaikan perilaku anak selama tidak membahayakannya. Namun, namun jangan lupa langsung memberi anak pujian setelah ia kembali bersikap tenang di dalam restoran.

4. Berusaha sesegera mungkin mengalihkan perhatiannya dengan hal-hal lain sebelum ia mulai berulah. Misalnya dengan mengajak bersama-sama menghitung piring di atas meja, melihat gambar-gambar di menu, menerangkan secara sederhana gizi dan asal makanan, dan lain sebagainya.

5. Sebelum anak meminta atau beranjak sendiri, sesekali ajaklah ia melihat-lihat halaman sekitar restoran, apalagi jika disediakan taman bermain. Anak Anda bisa bermain sambil menunggu pesanan makanan datang untuk menghindari kebosanan.

Semoga trik ini membuat Anda tidak segan untuk sering mengunjungi kuliner kesayangan keluarga Anda.


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Juni Week 1-2


7254

Banner Mitra Juni Week 1-2