Yang Baru dari Monyet

Nasional / 12 December 2005

Kalangan Sendiri

Yang Baru dari Monyet

Puji Astuti Official Writer
5111

JAWABAN.com - Tahukah anda tentang dunia hewan? Terutama dunia monyet, primata yang selama ini dekat dengan manusia. Para peneliti Inggris menemukan sesuatu yang baru dari monyet yang ternyata tidak diketahui oleh manusia sebelumnya.

Para peneliti tersebut menemukan fakta dan bukti bahwa ternyata monyet, selama ini menggunakan benda-benda atau peralatan di sekitar mereka untuk membantu mereka menjalankan kegiatan sehari-hari.

Jika anjing memakan langsung makanannya tanpa mengolahnya terlebih dahulu, maka monyet-monyet di Brazil yang diteliti oleh para peneliti tersebut terlihat menggunakan batu untuk menyiapkan makanan mereka.

Dan jika kucing menggali tanah langsung menggunakan anggota tubuhnya, maka monyet-monyet di Brazil yang diteliti itu menggunakan benda-benda disekitar mereka untuk menggali. Mereka juga menggunakan benda-benda untuk melakukan beberapa aktivitas harian.

Dan terbukti pula bahwa monyet tidak melakukannya secara kebetulan tapi sudah merupakan kebiasaan yang rutin. Para peneliti bahkan berhasil menangkap semua kegiatan itu dalam video.

Namun para peneliti yakin bahwa hanya monyet-monyet di hutan Brazil itu saja yang memiliki kebiasaan unik ini, dikarenakan kondisi ekologi disana. Brazil kadang harus mengalami musim panas berkepanjangan hingga monyet-monyet tersebut harus memeras otak menyangkut makanan, dan pada akhirnya mencari alat untuk membantu mereka mencari makan dan mengolah makanan yang ada.

Hewan sirkus atau hewan peliharaan mungkin bisa diajarkan untuk melakukan segala sesuatu menggunakan alat bantu. Tapi untuk hewan primitif yang tinggal di hutan, melakukan segala sesuatu dengan menggunakan alat bantu adalah sesuatu yang baru, unik, dan bukti kecerdasan yang luar biasa.

Kita tunggu kejutan lainnya dari dunia hewan!
(liv)

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami