Riko, Anjing Paling Pintar

Riko, Anjing Paling Pintar

Puji Astuti Official Writer
6319

JAWABAN.com - Para peneliti Jerman telah menemukan bukti hidup itu! Bukti bahwa seekor anjing bisa mengerti apa yang dikatakan oleh tuannya. Nama si bukti ialah Riko.

Riko adalah anjing ras jenis border collie yang sejauh ini telah mengerti lebih dari 200 kata dan dapat belajar kata baru dengan sangat cepat, seperti layaknya anak-anak yang baru belajar bicara.
Kabar ini disebut-sebut sebagai kabar baik bagi semua pecinta anjing di seluruh dunia.

Riko si anjing punya banyak sekali kebolehan. Tentunya dia tahu perintah-perintah dasar yang diberikan kepada seekor anjing seperti "duduk" atau "lari". Dia tahu pula nama-nama mainan yang diletakkan disekitarnya. Riko bisa mengambil dengan benar mainan yang disuruhkan oleh tuannya, seperti "boneka" atau "mobil-mobilan". Lewat gonggongannya, dia juga punya arti tertentu yang dimengerti oleh tuannya.

Bukan hanya itu. Riko juga bisa menebak arti sebuah kata baru yang diberikan padanya. Jika ada sebuah kata benda baru yang akan diajarkan padanya, Riko diletakkan ke dalam sebuah ruangan penuh dengan barang-barang yang belum pernah Riko lihat sebelumnya. Dari ruangan sebelahnya, pemilik Riko akan menyuruh Riko untuk mengambilkan nama sebuah benda yang Riko tidak pernah dengar atau lihat. Dia akan bolak-balik mengambil barang yang berbeda sampai dia mengambil barang yang tepat untuk tuannya.

Si Riko ini dapat mengingat dengan baik setiap kata baru yang ia pelajari. Pokoknya menurut para peneliti, kemampuan Riko kurang lebih sama dengan anak umur 3 tahun yang baru belajar mengenal dunia. Dan dari Riko ini pulalah kesimpulan ditarik bahwa sebenarnya seekor anjing memiliki intelejensia yang cukup tinggi untuk bisa diajak berkomunikasi oleh manusia.

Hingga kini, kepintaran Riko masih terus digali. Kini ia sedang diajari untuk meletakkan barang-barang di suatu tempat tertentu, dan beberapa pelajaran baru lainnya yang ‘melebihi' cerita-cerita tentang anjing pintar lain selama ini.

Anda punya anjing? Cobalah berkomunikasi dengannya hari ini. Siapa tahu dia lebih cerdas dari Riko..
(liv)

Sumber : cnn

Ikuti Kami