Yunani Melompong Dari Turis

Yunani Melompong Dari Turis

Puji Astuti Official Writer
4966
 JAWABAN.com - Athena, Yunani. Olimpiade olah raga Athena ternyata tidak membalik keadaan bagi melonjaknya kedatangan turis di banyak kota Yunani seperti yang diharapkan.

Ketika tempat-tempat populer seperti Acropolis menarik begitu banyak turis, banyak stadion tempat diselenggarakannya Olimpiade hanya bisa setengah penuh dari penonton. Hanya 2,9 juta tiket dari sekitar 5,3 juta tiket yang disediakan yang sudah dijual selama ini.

Operator tour mengatakan bukan hanya Athena, namun juga Greek Island juga mengalami sepi turis. Beberapa hotel secara praktis kosong ketika tahun dimana kebanyakan turis biasa berkumpul.

Petros Vinieratos, agen perjalanan mengatakan bahwa harga akomodasi dari beberapa hotel telah turun hingga 50 persen, walau demikian : "Ada ketersediaan kamar-kamar hotel pada saat ini",

Politisi Yunani mengatakan tidak seharusnya pihak hotel disalahkan untuk rendahnya turis di Olimpiade ini, situasi keamanan dunialah yang menjadi masalahnya. Dan ketika banyak orang tidak merasa aman untuk melakukan perjalanan selama waktu-waktu ini, sebab lainnya dari rendahnya kehadiran mungkin juga karena pihak Yunani lambat dalam mempromosikan Olimpiade ini.

Politisi yang telah mengeluarkan uang lebih dari tujuh milyar dolar untuk acara Olimpiade ini (tiga milyar dollar melebihi anggaran) begitu gelisah dan mengatakan pada pihak negaranya Yunani bahwa giliran pembayaran hutang yang berat ini akan datang belakangan.

Harry Collossis, menteri pariwisata Yunani mengatakan bahwa dampak finansial tidak akan secara nyata terlihat hingga empat atau lima tahun dari sekarang.

Sungguh mengenaskan kalau satu bangsa mengalami kesulitan finansial jangka panjang karena mengadakan event olahraga tingkat dunia. Bisa-bisa olahraga yang seharusnya menjadi sumber kesehatan jiwa raga berubah menjadi sumber penyakit. Ternyata untuk menyelenggarakan acara olahragapun harus dilakukan dengan hati-hati.

(nat) Sumber : foxnews

Ikuti Kami