Ahli Gempa Amerika Menyerah

Nasional / 12 December 2005

Kalangan Sendiri

Ahli Gempa Amerika Menyerah

Puji Astuti Official Writer
7239
  

JAWABAN.com - Ahli gempa di Amerika mengeluarkan sebuah pernyataan. Tak diduga, pernyataan tersebut berbunyi bahwa ternyata mereka belum sanggup melakukan ramalan dan perkiraan terhadap gempa bumi.

Gempa dengan kekuatan 9 skala ritcher yang memicu tsunami di bulan Desember lalu merupakan bukti bahwa walaupun sangat mudah untuk mengatakan bahwa gempa besar akan datang, tapi tidak pernah ada peringatan yang datang tepat waktu seputar gempa seperti itu.

Gempa yang menghancurkan Aceh tersebuat ternyata datang tanpa membawa peringatan berbentuk apapun, begitulah ungkap para peneliti di hadapan pertemuan dengan American Association for the Advancement of Science.

Para ahli gempa tersebut bahkan tidak setuju mengenai bagaimana mengukur kekuatan sebuah gempa untuk kemudian melihat apakah sebuah eksperimen untuk meramalkan gempa telah bekerja dengan baik.

Thomas Jordan, dari Southern California Earthquake Center mengatakan bahwa dirinya selaku ahli gempa dan kebanyakan ahli-ahli gempa lainnya sebenarnya sangat pesimis bahwa di 5 sampai 10 tahun kedepan mereka bisa menemukan sebuah solusi terbaik mengenai kedatangan gempa bumi. "Kami jujur belum dan tidak sanggup memprediksi gempa. Tapi toh kami akan terus berusaha. Never saya never!", ungkapnya.

Menurut mereka cara terbaik mencegah gempa ialah dengan menandai daerah yang paling sering terkena gempa dan mempersiapkan bantuan yang terbaik sehingga jika gempa benar-benar terjadi, respon segera bisa dilakukannya.
(liv)

Sumber : reuters
Halaman :
1

Ikuti Kami