India Bilang

Nasional / 12 December 2005

Kalangan Sendiri

India Bilang "Tidak" Pada Homo

Puji Astuti Official Writer
6044

JAWABAN.com - Pengadilan tinggi di ibukota India, New Delhi, telah menggagalkan usaha untuk melegalkan homoseksualitas di negara ini.

Petisi yang diajukan itu tadinya hendak mengubah hukum yang berlaku selama ini di India, yang menegaskan bahwa aksi homoseksualitas merupakan "perilaku kriminal yang tidak normal".

Petisi tersebut diajukan oleh sebuah organisasi yang secara sukarela mau membela hak kaum gay di Inida. Menurut organisasi tersebut, adalah suatu hal yang sangat salah apabila di abad 21 ini, para homoseks dianggap sebagai pelanggar hukum yang bisa dikenai sangsi.

Organisasi yang mengajukan diri tersebut ialah sebuah organisasi HIV dan Aids, "the Naz Foundation". Mereka menyatakan (walau tanpa bukti yang jelas) bahwa hukum yang berlaku selama ini di India telah ditunggangi pihak kepolisian untuk mengusik para homoseksual.

Para pembela negara berargumen di pengadilan bahwa homoseksualitas jelas tidak bisa ditoleransi apalagi dilegalisasi di India karena secara keseluruhan masyarakat dan adat di India secara tegas tidak mengijinkan hal itu terjadi.

Pemerintah juga kuatir bahwa jika hukum tersebut dihapuskan maka akan mengakibatkan "kegiatan seksual tidak normal" itu berkembang semakin marah menjadi kegiatan kriminal yang mengerikan di India.

Pemerintah juga menyatakan bahwa memang hak setiap orang untuk memiliki kehidupan pribadi tidak bisa dikekang. Tapi kepentingan umum yang berhubungan dengan kesehatan dan moralitas bangsa bukanlah sesuatu yang ringan. Porsinya bahkan lebih besar ketimbang keinginan dan kepentingan pribadi.

Hingga kini, masalah kaum gay masih menjadi perdebatan sengit di India. Para kaum gay sendiri tidak bisa langsung berhadapan dengan hukum karena bagian dari hukum itu sendiri menyatakan bahwa siapapun yang hendak mengajukan petisi haruslah mereka yang tidak terlibat dalam kasus itu sendiri. Karena itulah, para kaum gay harus diwakilkan oleh lembaga atau organisasi yang tidak berhubungan langsung dengan kegiatan homoseksual.

Tapi bagaimanapun juga, pemerintah dan hukum di India telah mengambil keputusan yang terbaik. The law has spoken.
(liv)

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami